Resmikan Taman Asmaul Husna Masjid Al Akbar Surabaya Terinspirasi Almarhumah Ibunda Presiden Jokowi

Masjid Al Akbar – Taman Asmaul Husna di komplek Masjid Al Akbar Surabaya yang diresmikan Gubernur Khofifah, Jumat (5/6/2020).

Sebuah taman baru bertajuk Asmaul Husna di kawasan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat (5/6/2020) sore.

Bukan taman biasa,  taman ini sengaja digagas dengan semangat memakmurkan masjid dan mendekatkan masjid pada masyarakat, khususnya kawula muda.

Dengan desain yang futuristik dan kekinian, taman ini memberikan spot-spot instagramable, namun tetap mengusung nilai-nilai religiusitas.

Seperti adanya pilar berbentuk piramida dan pilar-pilar bertuliskan asmaul husna, yaitu 99 nama baik Allah.

Ketua Badan Pengelola Masjid Al Akbar Surabaya, M Sujak, mengatakan pembuatan taman ini masih baru tahap awal. Ke depan masih ada sejumlah pengembangan pembangunan.

Seperti akan dibangun gazebo asmaul husna yang nantinya digunakan sebagai gazebo khusus untuk mualaf, serta akan dibangun sudut tafsir digital.

“Tahap kedua nanti akan ada semacam diorama tafsir digital supaya beritu pengunjung memasuki taman bisa memencet layar digital yang isinya informasi tentang Alquran. Seperti dalam sekali pencet bisa tahu Ar Rahman ada berapa jumlahnya dalam kitab suci kita,” kata Sujak.

Begitu juga dengan gazebo mualaf. Sebagaimana diketahui bahwa setiap sepekan sekali ada prosesi mengislamkan mualaf di Masjid Nasional Al Akbar.

Maka di taman ini ada gazebo yang kelak digadang menjadi tempat pembinaan khusus bagi para mualaf.

“Taman ini juga terinspirasi oleh almarhumah ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, bahwa ada taman yang ingin dibangun untuk mendekatkan pada untuk anak muda,” ungkap Sujak.

Selain itu  pembuatan Taman Asmaul Husna di lingkungan masjid ini amanah Gubernur Khofifah saat pengukuhan Badan Pengelola Masjid agar pengurus yang baru benar-benar mampu memakmurkan masjid secara maksimal dan komprehensif.

Gubernur Khofifah berharap adanya taman ini bisa mengajak masyarakat untuk mencintai dan memakmurkan masjid.

“Semoga taman ini akan menjadi tambatan hati kita semua, karena yang bisa kita lakukan adalah memberikan nilai-nilai seperti positif thinking,” kata Khofifah.

Hadir dalam kesempatan itu para pemimpin ormas Islam di antaranya KH Marzuqi Mustamar Ketua PWNU Jawa Timur, KH Saad Ibrahim Ketua Muhammadiyah Jawa Timur, Sekretaris MUI Jawa Timur, DMI Jawa Timur dlsb (*)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *