Masjid Edu Park

Rindang, Asri dan Sejuk. Itulah suasana yang tergambar saat melangkahkan kaki ke Masjid Edu Park sisi barat menara Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Rimbunnya pepohonan hingga hijaunya taman seakan menyambut para jemaah yang menghampirinya.

Masjid kini tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun masjid menghadirkan taman edukasi. Di sini, masyarakat bisa bersantai sembari menambah ilmu akan dunia flora.

Berikut tanaman dan sejumlah manfaatnya yang ada di Masjid Edu Park.

KUMIS KUCING; memiliki Manfaat untuk mengobati infeksi saluran kencing. Berkat sifat antijamur dan antiradangnya ini bisa mengobati mengobati rematik dan asam urat, penyakit ginjal (terutama batu ginjal), sebagai obat alergi, hingga menghentikan kejang. Bentuk tanamannya tidak jauh beda dengan struktur kumis yang dimiliki kucing.

JAHE; sudah dikenal selama ribuan tahun sebagai rempah yang punya banyak manfaat. Selain diolah menjadi jamu atau ke dalam masakan favorit, jahe juga bisa diminum airnya untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan. Berikut berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh jika rajin minum air jahe, di antaranya: meredakan nyeri dan sakit, menghilangkan mual, melawan peradangan rematik dan osteoarthritis, kaya antioksidan untuk perangi risiko penyakit kronis, mengendalikan kadar gula darah diabetes, menurunkan berat badan.

TEMU IRENG; merupakan salah satu jenis tanaman Zingiberaceae yang telah dikenal masyarakat sebagai bahan pengobatan tradisional. Biasanya manfaat temu ireng digunakan sebagai bahan ramuan obat alami. Contohnya untuk mengobati batuk, asma, kudis, cacing, malaria, serta sebagai obat penambah nafsu makan.

JINTEN; Masih banyak orang yang belum tahu manfaat kesehatan dari berbagai bumbu dapur dan rempah-rempah. Jinten salah satu dari rempah-rempah tahukah anda tentang manfaat jintan bagi kesehatan? Berikut manfaatnya; membantu pencernaan, mengontrol gula darah, mengandung magnesium dan mengandung zat besi.

DAUN MINT; Daun mint atau dikenal dengan nama ilmiah Mentha piperita L adalah sebuah tanaman herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia, apalagi semenjak banyak digunakan untuk berbagai produk seperti penyegar napas, permen karet, pasta gigi, obat kumur dan minyak angin. Tidak hanya itu Daun Mint bisa diolah dan memiliki manfaat sebagai berikut meredakan nyeri otot, mengatasi hidung tersumbat, mengatasi heartburn, menghilangkan napas tidak sedap, menurunkan berat badan, baik untuk kesehatan gigi, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan rambut.

KAYU PUTIH; Bau khas minyak kayu putih terkadang menjadi problematika bagi beberapa orang. Namun, sebagian besar orang bisa menikmatinya. Minyak kayu putih tentu sudah akrab dengan kehidupan kebanyakan orang. Sejak kecil, ketika masuk angin, pertolongan pertama yang diberikan orang tua kita adalah minyak kayu putih. Sampai-sampai jadi terbiasa hingga dewasa. Berikut manfaat dari kayu putih di antaranya, mengobati sakit kepala, meredakan masalah pernafasan, sebagai aromaterapi, meredakan sakit gigi, mengurangi gejala demam, menghilangkan rasa nyeri, mencegah infeksi pada luka, mengurangi risiko kejang dan pingsan, mengusir serangga dan kutu, menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah.

PECUT KUDA; adalah salah satu tanaman liar yang hidup di Indonesia. Nama pecut kuda adalah nama lokal tanaman ini di Indonesia, sedangkan nama ilmiah dari tanaman ini adalah Stachytarpheta jamaicensis. Pecut kuda memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia yaitu untuk obat. Tumbuhan pecut kuda memiliki kanduangan kimia seperti alkaloid fan glikosa. Alkaloid dan glikosa dapat menangani penyakit amandel, radang tenggorokan, batuk dan hepatitis. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan adalah bunga, akar dan daunnya. Tanaman pecut kuda juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kencing batu, rematik, haid tidak teratur dan keputihan. Bunga dan tangkai pecut kuda dapat mengobati radang hati atau hepatitis. Keputihan yang sering dialami oleh wanita juga dapat diatasi menggunakan air rebusan akar pecut kuda. Selain untuk obat, pecut kuda juga bisa digunakan untuk tanaman hias, kerena bunganya berbunga sepanjang tahun sehingga dapat lebih lama menghiasi rumah.

ROSELLA; Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, bunga rosella adalah bunga yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Manfaat bunga rosella bagi kesehatan bisa untuk mencegah dan mengatasi beberapa jenis penyakit, sebagai berikut mengatasi infeksi dan peradangan, mengurangi rasa cemas dan depresi, Mencegah tumor dan kanker, menjaga kesehatan pencernaan, Menjaga kesehatan organ hati, menurunkan kadar lipid darah, Menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan.

BINAHONG; Ketika mendengar nama daun binahong, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti merasa asing dengan nama tanaman obat ini. Padahal, daun binahong ini mudah ditemui di pekarangan rumah dan penjual tanaman. Manfaat daun binahong sendiri melimbah untuk berbagai kondisi kesehatan. Di antaranya, mengatasi masalah kulit, mengobati maag, mengatasi asam urat, mengatasi kolesterol, mencegah diabetes, mengobati sesak nafas, mengatasi anemia, mengobati batuk, membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun, mengembalikan stamina yang hilang, mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan tekanan darah.

SAMBUNG NYOWO; Daun sambung nyawa atau daun sambung nyowo atau akar sebiak yang memiliki nama latin Gynura procumbens ini merupakan tanaman yang sudah sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional di Indonesia. Daun sambung nyawa paling banyak ditemui di Pulau Jawa, Sumatera, dan sebagian kecil di Pulau Bali. Di antara manfaatnya adalah menurunkan tekanan darah, membantu pengobatan ginjal, manjaga saluran pencernaan, mengatasi esophagitis, membantu mengatasi tonsillitis, mengatasi gejala sinusitis, mancegah kanker dan tumor, menghentikan pendarahan, mengatasi wasir, pengobatan infeksi kulit.

GINSENG; Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh. Di antara manfaatnya adalah fungsi kognitif, efek antiperadangan, mengurangi stress, membantu mengontrol diabetes, mencegah kanker dan mencegah penuaan dini.

SEREI; Daun serei atau yang lebih populer dengan daun sereh adalah tanaman yang sering digunakan sebagai penyedap atau pengharum aroma masakan. Tapi dibalik manfaat daun serai sebagai bumbu penyedap, ternyata tanaman yang satu ini juga memiliki manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat dari sereh inilah di antaranya; mengatasi depresi, menghindari gigitan nyamuk, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, menjaga kadar kolesterol, menjaga sistem pencernaan, pereda nyeri otot dan sendi, menjaga kesehatan mulut dan meredakan gejala flu.

JARAK TINTIR; Tanaman obat satu ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Nama lain jarak tintir yang populer adalah jarak cina dalam penyebutan bahasa Indonesia, jarak tintir dalam penyebutan bahasa Jawa. Tanaman jarak tintir sangat bagus dijadikan sebagai antiseptik dalam mengobati luka. Selain sebagai anti septik dalam mengobati luka, tanaman jarak tintir juga sangat efektif dalam menghentikan pendarahan, pencernaan, dan kolik. Daunnya juga sangat efektif dalam mengobati penyakit-penyakit pada bagian dalam tubuh seperti cacingan, infeksi kulit, dan juga sariawan. Selain itu, dari sisi estetika, tanaman ini memiliki penampakan yang bagus antara perpaduan warna tangkai pohon, daun, dan buahnya. (*)

EDU PARK NEWS