Bagi Tips Memakmurkan Masjid Pada Malaysia

Masjid Al-Akbar – Rombongan Masjid se Kuala Lumpur berkunjung ke Indonesia. Tepatnya di Surabaya. Setelah melakukan wisata religi, para rombongan tiba di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) sekitar pukul sebelas siang (26/10). Para rombongan melakukan sholat dhuhur di MAS. “Kami datang ke sini untuk belajar bagaimana memakmurkan Masjid,” kata Mocd Suib Ismail, Kepala Rombongan mengawali sambutannya di ruang Raudhoh MAS.

Drs H Endro Siswantoro, MSi, Direktur Utama MAS dan para jajaran direksi lengkap dengan seragam birunya menyambut kedatangan tamu dari negeri jiran itu. “Ujung tombak masjid ini berada Direktur Imarah-Ijtimaiyah, Direktur Tarbiyah dan Direktur Shiyanah,” kata Endro menjelaskan komposisi manajemen masjid.

Direktur Imarah-Ijtimaiyah membidangi Ibadah dan Dakwah, Pemberdayaan Sosial dan Remaja Masjid, Pemberdayaan Keluarga dan Wanita. “Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga sebagai tempat pemberdayaan masyarakat, terutama wanita, di sini juga ada kajian keluarga sakinah,” ungkapnya. Pengaturan shaf shalat dan jadwal imam dan khotib Jum’at menjadi tugas bidang ibadah.

Direktur Tarbiyah ini membidangi pendidikan. MAS juga mempunyai TK, PAUD, Sekolah Dasar/MI, perguruan tinggi Ma’had Aly yang sekarang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Usuluddin (STIU), Masjid juga punya perpustakaan. Direktur Shiyanah ini yang mengatur semua kebutuhan masjid. Mulai dari perawatan bagunan masjid, kebersihan, pertanaman dan perawatan asset masjid.

Dirut mengatakan Nabi Muhammad SAW tidak menjadikan kedua masjid (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi,-red) sebagai tempat ibadah saja. melainkan sebagai tempat pengaturan ekonomi, pengaturan politik atau negara, sebagai tempat pedidikan. “Masjid harus dimakmurkan dan jamaah juga harus dimakmurkan oleh masjid,” jelasnya.

Setelah menyampaikan tips memakmurkan masjid, para rombongan diajak mengelilingi masjid dan naik ke atas menara melihat secara langsung ibukota Jawa Timur. “Menara MAS memiliki ketinggian 99 meter,” tutup Direktur Utama MAS. (Rofii)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *