Sebentar Lagi, STIU MAS menjadi STAI

Masjid Al Akbar – Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Masjid Nasional Al Akbar Surabaya telah melakukan proses visitasi tadi pagi. STIU MAS dalam waktu dekat ini akan beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam. Hal itu dibuktikan dengan kedatangan tim visitasi alih status perguruan tinggi dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Agama RI.

H Hamid Syarif Direktur  Tarbiyah yang juga Ketua Yayasan Pendidikan MAS mengatakan persis satu tahun kami melaksanakan proses visitasi, diawali dengan bimbingan teknis (Bimtek) alih status dan penambahan prodi. “Kami membuka dua prodi yaitu ekonomi syariah dan Pendidikan Guru MI, karena melihat kebutuhan saat ini,” kata mantan Wakil Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Hamid Syarif tidak menampik bahwa mahasiswa STIU masih bercampur dengan Mahasiswa Ma’had Aly, namun ada juga mahasiswa baru. “Yang dari mahasiswa Ma’had Aly mereka harus menyesuaikan dengan kondisi dan aturan yang ada,” terangnya.

Membuka dua prodi baru tentu tanpa alasan, menurut Hamid Syarif di Masjid Al Akbar ini sudah ada Madrasah Ibtidaiyah kami membuka prodi PGMI agar para guru bisa linear. Begitu juga dengan prodi Ekonomi Syariah, saat ini di Jawa Timur sudah banyak lembaga keuangan syariah tapi Sumber Daya Manusianya yang mengarah ke sana masih sedikit. “Maka dari itu prodi ini kami buka,” tuturnya.

Direktur Utama Masjid Al Akbar Surabaya juga turut serta menyambut para asesor yang hadir. Dalam sambutannya H Endro Siswantoro bercita-cita ingin memiliki Universitas Al Akbar Surabaya. “Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, melainkan sebagai tarbiyah atau tempat pendidikan,” tutur Endro yang juga sebagai Wakil Pembina Yayasan Pendidikan MAS.

Visitasi dilakukan selama sehari penuh dan dihadiri langsung dari Dirjen Kemenag RI, Prof Dr H Akhmad Mujahidin MA dan Dr Amiruddin Kuba MA Kasi Pembinaan Kelembagaan PTKIS Dirjen Dikti Kemenag RI. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *