Pakde Karwo dan Gubernur Terpilih Shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya

Pakde Karwo didampingi Istri bersama Khofifah Indar Parawansa Shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar – Masjid Nasional Al Akbar Surabaya melaksanakan Shalat Idul Adha 1439 H bersama PHBI Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Diperkirakan para jamaah yang hadir dari Surabaya dan sekitarnya mencapai 60 ribu jamaah pada Rabu (22/8).

Para Jamaah semakin antusias tatkala melihat kehadiran Gubernur Jawa Timur H Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo bersama Forkopimda Jatim. Disusul kemudian Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur terpilih. Keduanya terlihat berjalan bersama-sama.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1439 H dimulai tepat pukul 06.00 WIB, dengan Imam KH Ahmad Muzakky Alhafidz ( Imam Rowatib Masjid Al Akbar Surabaya) sedangkan khotibnya adalah KH Ahmad Mujayyid Pengasuh Pesantren Ibaddurahman Malang.

Dalam khotbah yang bertema “Menyingkap Tabir Nabi Ibrahim AS sebagai Landasan Keselamatan dan Keberhasilan Hidup”, khotib menjelaskan tentang keberhasilan Nabi Ibrahim AS saat melewati cobaannya, dengan kesabaran dan ketaqwaan.

Usai sholat Idul Adha, puluhan ribu jamaah terlihat memadati masjid, mereka manfaatkan berfoto bersama keluarga di depan masjid. Selain itu para jamaah menyaksikan penyerahan hewan kurban oleh Pakde Karwo dan Bu Khofifah di sebelah selatan Masjid.

Beberapa sapi yang berjejer di tenda, menjadi pusat perhatian dari para jamaah. Salah satunya, sapi pemberian dari Presiden Jokowi yang bobotnya paling besar dari sapi lainnya. Tidak sedikit dari jamaah yang bergerombol, saling berebut ingin berfoto bersama sapi tersebut.

Suasana semakin ramai, ketika Soekarwo dan Khofifah mendatangi tenda untuk melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis kepada pihak Masjid Al Akbar Surabaya.

“Bismillah, sapi kurban dari Pak Jokowi dengan berat 1.05 ton, saya serahkan ke Masjid agar disampaikan pada fakir miskin,” kata Pakde Karwo saat menyerahkan hewan kurban.

Secara bersamaan Khofifah juga menyerahkan hewan qurban kepada Masjid Nasional Al Akbar Surabaya diterima H Hamid Syarif Direktur Tarbiyah. “Saya menyerahkan hewan kepada panitia qurban Masjid Al Akbar Surabaya mudah-mudahan manfaat dan barokah,” kata Khofifah yang juga menyerahkan hewan kurban.

Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan, total hewan kurban yang terkumpul hari ini, sebanyak 26 ekor sapi. Dari 26 sapi itu, di antaranya 1 ekor dari Jokowi Presiden, 8 ekor dari Gubernur dan Forkopimda, 17 ekor dari Dinas Jatim. Sedangkan untuk hewan kurban kambing, sudah terkumpul sebanyak 61 ekor.

“Penyembelihan hewan kurban di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan berlangsung pada Kamis (23/8/2018) besok. Distribusi daging kurban akan diserahkan kepada masyarakat, sesuai dengan data Keluarga Miskin (GAKIN) dari Kelurahan Pagesangan dan Gayungan. Serta pengajuan dari lembaga sosial yang sudah diverifikasi,”

Dalam hal ini Helmy menyampaikan tidak ada pembagian kupon maupun pembagian daging qurban di lokasi Masjid Al Akbar Surabaya. “Nanti panitia dari kami justru akan mendatangi langsung masyarakat penerima daging kurban,” pungkasnya. (*)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *