Gerakan Sadar Wakaf Dilaunching di MAS

Masjid Al Akbar – Wakaf merupakan salah satu instrument pendanaan sosial yang berperan penting dalam membangun peradapan Islam. Institusi Wakaf ini tidak hanya berfungsi sekedar ibadah saja tapi juga mendorong terwujudnya kesejahteraan meteri bagi masyarakat. Wakaf memainkan peran penting dalam memberikan manfaat sosial kepada masyarakat muslim.

“Wakaf telah berkembag secara progresif sejak pertama berdiri dan dianggap sebagai salah satu lembaga tertua di dunia, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS yang memberikan harta wakafnya berupa bangunan Ka’bah,” kata Hamid Fahmy Zarkasyi Wakil Rektor I Universitas Darussalam Gontor saat memberikan sambuatan di gedung Marwah Masjid Al Akbar Surabaya (10/12).

Wakaf juga menjadi salah satu pilar ekonomi Islam sejak jaman Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi dikalangan umat Islam. Namun begitu Islam masuk Indonesia hingga saat ini kondisi wakaf mulai dari pengembangan, pengelolaan lembaga wakaf yang tidak terstruktur, pendanaan, keahlian teknis, efisiensi dan tidak efektifan.

Maka dari itu diperlukan solusi dalam banyak permasalahan wakaf. Di antaranya adalah perlunya sistem edukasi wakaf yang bertahap dan berkesinambungan kepada masyarakat. Maka dari itu perlunya dilaksanakan program pendidikan ICAST dan Unida Gontor. “Gerakan Indonesia Sadar Wakaf (Giswaf) ini akan terus disuarakan dan akan menjadi gerakan bersama. Karena kami sadar, kami tidak bisa sendiri, dari sinilah kita terus menggerakan Giswaf ini,” tutup Hamid Fahmy Zarkasyi (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *