Manfaat Kumis Kucing

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

 Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat. Sehingga manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi. Seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal. Di Pulau Jawa, manfaat kumis kucing telah dikenal luas, salah satunya adalah mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm.

Radang ginjal

40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama seminggu.

 

Batu ginjal:

Cara I : 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum air rebusan itu dalam sehari.

Cara II : 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1x sehari. Hindari makan daging kambing, durian, serta makanan pedas.

3. Atasi Rematik

Cara mengolah daun kumis kucing sebagai obat cukup mudah.

Langkah pertama, siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah itu, tuggu sampai dingin dan siap untuk diminum.
Dosis yang dianjurkan adalah minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

4. Meredakan Batuk

Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuk adalah dengan menyiapkan 15-20 gram ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya adalah satu gelas.

5. Mengobati Gusi Bengkak

Ketika seseorang menderita penyakit gusi berdarah, maka dapat diatasi dengan berkumur. Sehingga kalau ingin redakan gusi bengkak bisa lebih mudah

  1. Mengontrol Kadar Gula DarahSeseorang dengan diabetes bisa mendapatkan khasiat kumis kucing. Kandungan kumis kucing bisa bermanfaat dan terbukti dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh.7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Kandungan dalam kumis kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Zat kimia yang disebut methylripariochromene dapat terhadap tekanan darah manusia.

    8. Mengurangi Gatal Karena Alergi

    Cara mengolah kumis kucing bisa dengan cara merebus setengah genggam kumis kucing bersama dengan meniran dan sambiloto. Ditambah dengan 4 gelas air dan 2 jari temulawak lalu rebus sampai mendidih.
    Saring ampasnya dan jamu herbal ini bisa diminum sehari dua kali untuk mengurangi gatal akibat alergi.

    9. Membantu Proses Detoksifikasi

    Kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Minuman herbal ini juga dapat dipadu dengan bahan rempah lain seperti jahe.

    10. Anti Jamur

    Zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga bisa didapat oleh penderita infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan.

  2. Mengobati asam urat

 Pertama bisa merebus 4-5 lembar dengan segelas air dan dimasak hingga mendidih. Air rebusan daun kumis kucing bisa diminum 3 kali sehari.

Kedua adalah menghaluskan 50 gram kumis kucing dengan 150 ml air dan menyaring airnya. Tuang di gelas dan minumlah bersama dengan campuran madu.

12. Nyeri buang air seni:

Cara I : Seduh sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan dan minum seperti teh, boleh diberi gula aren.

Cara II: 1 sendok daun kumis kucing dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu 3x sehari.

 

  1. Sakit pinggang:

7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci bersih. Rebus dengan segelas air. Usai direbus, biarkan satu malam, baru diminum.

 

  1. Masuk angin:

1 sendok daun kumis kucing dicuci dan direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus.

 

  1. Demam:

100 g akar kumis kucing dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.

PERHATIAN :

Mengonsumsi kumis kucing dalam jangka waktu panjang dapat mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Wanita hamil sebaiknya hindari mengonsumsi ramuan kumis kucing.

 

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *