MANFAAT PECUT KUDA

Manfaat dan khasiat daun pecut kuda, kegunaan daun ini untuk kesehatan.

 

  1. Mengatasi radang tenggorokan

Khasiat daun pecut kuda untuk tenggorokan yaitu dapat mengatasi peradangan. Tenggorokan adalah salah satu bagian dari tubuh yang sering meradang karena suatu infeksi. Anda bisa menyembuhkannya dengan mengonsumi rebusan daun ini.

 

  1. Mengobati amandel

Penyakit amandel dapat Anda obati dengan menggunakan khasiat daun pecut kuda. Amandel biasanya akan sakit ketika mengalam pembengkakan yang disertai dengan nyeri. Cobalah untuk meredakan nyerinya dengan daun pecut ini.

 

  1. Meredakan batuk

Khasiat daun pecut kuda untuk batuk didukung oleh kandungan senyawa didalamnya yang mampu menghilangkan rasa gatal pada batuk. Daun ini juga akan membantu tubuh Anda untuk membuang dahak batuk dengan mudah.

 

Cara pengolahannya : untuk Radang tenggorokan, amandel dan batuk

Sediakan 50g herba pecut kuda segar, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bawang putih. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air gula sambil diaduk rata, lalu peras dan saring. Selanjutnya minum air yang terkumpul, lakukan 3 kali sehari selama 3-5 hari.

 

  1. Mengatasi infeksi saluran kemih

Khasiat daun pecut kuda hampir sama dengan beberapa jenis daun lainnya yaitu mengatasi infeksi yang menyerang saluran kemih. Saluran ini sering mengalami gangguan karena paling potensial terkena berbagai macam bakteri penyakit.

 

  1. Obat peradangan liver

Khasiat daun pecut kuda juga ampuh untuk mengobati liver yang meradang. Organ liver atau hati juga bisa mengalami peradangan jika ada gangguan kesehatan yang akan menyerang organ ini. Anda bisa membantu liver Anda agar menjadi lebih kuat untuk mencegah penyakit.

 

  1. Mencegah rematik

Anti rematik merupakan fungsi dari daun pecut kuda. Daun ini secara aktif akan membuat tubuh Anda jauh lebih bertahan dari serangan nyeri yang diakibatkan oleh penyakit rematik yang ada pada tulang Anda.

 

Cara pengolahannya untuk pengobatan penyakit Rematik dan sakit amandel

Cuci 10-60g daun pecut kuda segar, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

 

  1. Pelancar haid

Kaum wanita yang sering mengalami haid yang tidak lancar bisa mencoba khasiat daun pecut kuda. Rebusan air dari daun ini akan membantu tubuh Anda mengatur hormone dengan lebih baik agar haid pun juga lebih teratur.

 

  1. Mencegah keputihan

Khasiat daun pecut kuda mencegah datangnya keputihan. Daun ini mampu menjaga kesehatan miss V dari serangan jamur yang menyebabkan munculnya keputihan.

 

Cara pengolahannya :

Cuci 50g akar pecut kuda segar lalu iris-iris seperlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya dibagi untuk dua kali minum, pagi dan sore hari masing-masing 1/2 gelas

 

 

  1. Obat hepatitis

Penyakit yang bisa Anda cegah dengan menggunakan daun pecut kuda sebagai obat herbal yaitu penyakit hepatitis. Kandungan senyawa dalam daun ini cocok untuk melawan faktor pemicu penyakit tersebut.

Cara pengolahannya :

Cuci 5-10 tangkai bunga pecut kuda sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan gula batu secukupnya, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan kemudian air hasil saringan diminum. Lakukan setiap hari sampai sembuh

 

  1. Mengatasi penyakit kulit

Banyak penyakit kulit yang mungkin sering Anda rasakan, seperti gatal dan juga bisul. Cobalah pengobatan herbal dengan menggunakan daun pecut kuda. Daun ini bisa menjadi obat oles luar pada kulit yang manjur untuk penyakit kulit.

Selain 10 manfaat dan khasiat daun pecut kuda untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu diketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

 

5 Manfaat dan Khasiat Daun Pecut Kuda Lainnya:

 Anti kanker

  1. Mengatasi jamur
  2. Anti bakteri
  3. Menyehatkan tubuh
  4. Menyegarkan tubuh

 

CATATAN :

Ibu hamil dilarang minum air rebusan ramuan obat ini, karena bisa menyebabkan keguguran.

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *