Muslimah “Pengamal” Masjid Al-Akbar Surabaya Adakan Buka Bersama Anak Yatim TPQ Al-Islah

Surabaya (MAS) – Komunitas “Pengamal” (Pengajian Muslimah Masjid Al-Akbar) yang merupakan jamaah ibu-ibu di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) mengadakan buka bersama 150 anak yatim di TPQ Al Islah Sidotopo, Surabaya Utara, Kamis (28/3).

“Itu bagian dari kegiatan Sedekah Ramadhan 1445 H senilai Rp25,6 juta yang kami salurkan untuk berbagai bakti sosial, termasuk buka bersama 150 anak yatim di TPQ Al Islah pada akhir Maret (28/3),” kata Ketua Pengamal Hj Endang Risdijanti di Surabaya, Sabtu (30/3/2024).

Didampingi Ketua Sie Humas Hj Yozhie Maharani, ia menjelaskan selain Buka Bersama Anak Yatim, kunjungan ke TPQ Al-Islah di Sidotopo itu juga untuk menyalurkan uang saku untuk 150 santri dan 114 paket sembako untuk ustadzah.

“Semoga menjadi amal baik para donatur melalui kami akan dibalas Allah dengan pahala berlipat ganda,” katanya tentang kegiatan bakti sosial tahap akhir Ramadhan yang sebelumnya diawali dengan penyaluran tahap awal Ramadhan (18/3/2024) untuk 110 guru-guru TPQ di sekitar Masjid Al-Akbar Surabaya.

Selain Sedekah Ramadhan, katanya, Pengamal yang terbentuk sejak tahun 2001 dan kini beranggotakan 200-an muslimah/perempuan itu juga menyumbang 270 boks air mineral untuk bukber dan sahur jamaah selama Ramadhan 1445 H di Masjid Al-Akbar.

“Selama Ramadhan, kami juga mengadakan Kajian Ramadhan Pengamal yang diadakan sebanyak empat kali kajian pada Ramadhan 1445 H. Setiap kajian dihadiri sedikitnya 200 orang. Kalau di luar Ramadhan, kami juga mengadakan Kajian Keagamaan, tapi sebulan sekali,” katanya.

Selain itu, juga ada Gerakan Cinta Al-Qur’an yang sifatnya ‘One Week One Juz’ (OWOJ) berupa setoran bacaan Al-Qur’an satu juz seminggu lewat akun medsos, WhatsApp. Anggota OWOJ yang disebut owojer itu berjumlah ratusan ribu se-Indonesia.

“Kami juga mempunyai kegiatan ‘Wisata Dakwah’ ke beberapa anggota OWOJ di luar Jatim dan kunjungan ke pesantren, yang tahun 2024 rencananya ke pesantren di Solo dan Semarang,” katanya.

Selain komunitas ibu-ibu “Pengamal”, Masjid Al-Akbar juga memiliki komunitas bapak-bapak yang disebut Jamaah Tartil Bakda Subuh (JTBS) “Ar-Raudah” MAS yang berkegiatan sejak tahun 1999 dengan 110 anggota.

Komunitas terbaru di MAS adalah Majelis Subuh GenZI (MSG) sejak Juni 2023. Komunitas GenZI ini memiliki tiga program yakni GenZI Dakwah (Majelis Subuh GenZI/bulanan), GenZI Digital (Pelatihan Dai Muda Digital/semester), dan GenZI Entrepreneur (proses). (*/mas)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *