Peran Masjid Menyambut Bonus Demografi di Era Milenial

Drs H Endro Siswantoro MSi, Direktur Utama Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar – Direktur Utama Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) H Endro Siswantoro mengutip Surat Al-Qur’an Ar-Ro’du ayat 11 yang artinya Sesungguhnya Allah tidak merubah nasib sesuatu kaum sehingga mereka merubah nasib mereka sendiri.

Dari ayat ini, Dirut mengajak kepada remaja masjid terus berkarya, berinovasi dan beraktifitas untuk menyambut bonus demografi di era milenial. “Masjid memiliki peran yang sangat strategis untuk mendidik para generasi muda. Seperti Nabi Muhammad mendidik Sayyidina Ali bin Abi Tholib, Abdurrahman bin Auf dan Abdullah bin Umar,” kata Endro saat menjadi pemateri Sarasehan Remas se Surabaya dan sekitaranya di Ruang Aisyah MAS (29/10).

Peran masjid dikembalikan pada era Rasulullah. Masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah, melainkan sebagai pusat peradaban Islam, pusat mengatur negara (politik), pusat sosial dan pusat ekonomi. “Disamping Masjid Nabawi terdapat pasar,” terangnya.

Pemuda dan remaja harus menjaga akhlak dan moralnya sejak diusia dini. “Memperkuat ketauhidan, memperdalam pemahaman dan pegamalan agama harus dilakukan saat ini,” kata pria kelahiran Lamongan ini.

Untuk menghadapi bonus demografi yang diperkirakan pada 2035 itu semua elemen harus terlibat, mulai dari sekolah, kurikulum, materi pelajaran, peran orang tua hingga lingkungan sekitarnya.

Selain itu, dirut berusia 70 tahun ini, meminta generasi muda untuk memantapkan toleransi. Tentu tujuannya agar mencapai ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah insaniyah. “kalau tidak bisa toleransi minimal zero,” terang Endro.

Diakhir materi, Endro menyinggung soal wawasan kebangsaan. Empat pilar yang tidak bisa diganggu dalam bernegara adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Kearifan lokal juga harus dijaga dan dilestarikan, Islam yang menyatu dengan budaya hanyalah di Indonesia,” tutupnya. (rof)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *