Lima Belas Ribu Jamaah MAS Gelar Shalat Ghaib Tokoh Forsimas

Masjid Al Akbar – Setelah Shalat Jum’at, sepuluh ribu jamaah melaksanakan Shalat Ghaib untuk Almagfurrlah Drs KH Hasan Basri Pendiri dan Sekjen Forsimas (Forum Silaturrahmi Kemakmuran Masjid Serantau Se Asia Tenggara. Shalat Ghaib dipimpin Imam Masjid Al Akbar Surabaya H Abdul Hamid Syarifuddin (03/11).

Almarhum KH Hasan Basri meninggal dunia pada Hari Kamis tanggal 02 November 2017 menjelang waktu Magrib di kediamannya di Kopelma Darussalam Banda Aceh pada usia 85 tahun. Kiai Hasan Basri dikenal sebagai bapak, guru, sahabat, penasehat dan pembina bagi masyarakat Forsimas.

Selama hidupnya kibrahnya selalu diabdikan untuk masjid. “Almarhum selalu memberikan motivasi kepada kami. Jangan pernah lelah dan terus semangat mengurus masjid. Fungsi masjid itu sebagai tempat bermusyawarah, pendidikan, sosial dan pengembangkan ekonomi umat,” kata H Endro Siswantoro Direktur Utama Masjid Al Akbar Surabaya.

Menurut Dirut kelahiran Tuban ini, almarhum Kiai Hasan Basri mempunyai cita-cita dan gagasan yang begitu besar. Almarhum ingin memperluas Forsimas hingga dunia, tidak hanya se ASEAN. “Gagasan yang terus kami ingat adalah Almarhum ingin mengadakan pertemuan Masjid se-Dunia di Makkah. Menggagas silaturrahmi Masjid se-Dunia yang belum terwujud,” kenangnya.

Tidak hanya itu, nasehat-nasehatnya selalu berkecamuk dibenak Dirut kelahiran 1970-an ini. “Kami harus berjuang untuk mewujudkan semua cita-cita Almarhum. Yang terpenting adalah jadikan masjid sebagai pusat peradaban Islam,” harap Dirut untuk forsimas ke depan.

Dirut Masjid Al Akbar ini ikut mendoakan agar Almarhum mendapatkan kelapangan kubur, ampunan, keridaan Allah SWT atas segala amal yang dilakukan dan ditempatkan di surga. “Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi keikhlasan dan ketabahan. Mohon dibukakan pintu maaf apabila almarhum memiliki kesalahan,” doa Dirut. (ROF)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *