Lima Keunggulan Shalat dan Nobar Gerhana Bulan di Masjid Al Akbar

Masjid Al Akbar – Dalam Rapat Koordinasi dengan Lembaga Falakiyah PWNU Jatim, Masjid Al Akbar Surabaya menyetuskan lima keunggulan shalat dan nobar gerhana bulan di Masjid Al Akbar. “Pada hari Rabu (31/1) pukul 18:48 – 22:11 WIB akan terjadi Gerhana Bulan. Saat purnama posisi bulan mencapai titik terdekat dengan bumi sehingga purnama akan terlihat besar dari biasanya,” kata A Afif Amrullah setelah rapat koordinasi (29/1).

Karena posisi bulan begitu jelas, maka Masjid Al Akbar mencetuskan lima keunggalan shalat dan nobar di MAS. “Masjid Al Akbar akan menyiapkan empat layar lebar dengan latarbelakang gerhana secara real time, sehingga nanti bisa menjadi wahana selfie,” kata H Helmy M Noor Humas MAS.

Kedua, agar selfie terlihat bagus maka MAS dan LFNU menggunakan teropong bintang Explore Scientific ED 80. “Jika cuaca cerah dan tidak hujan akan terlihat jelas,” lanjut Afif.

Ketiga Masjid Al Akbar sebagai tempat ibadah tentu ingin mewujudkan rasa syukur kepada Allah sekaligus belajar fenomena alam atau belajar ilmu astronomi/falak.

“Keempat, untuk menciptakan itu shalat gerhana bulan akan diimami oleh KH Abdul Hamid Abdullah Imam Besar Masjid Al Akbar dan khotib akan disampaikan oleh KH Abdussalam Nawawi Pakar Ilmu Falak dan Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya,” jelas Helmy.

Sedangkan yang kelima untuk mewujudkan itu semua dan agar para jamaah merasa nyaman dan khusus, Masjid Al Akbar akan menggunakan semua fasilitasnya. Mulai dari parkir yang luas, aman, lingkungan bersih dan suci serta didukung makanan kuliner bervariasi. “Hanya di Masjid Al Akbar jamaah akan mendapatkan lima hal spesial itu sekaligus” pungkas Helmy. ROF

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *