Remas Al Akbar Gelar Pelatihan Tahsinul Qiroah

Masjid Al Akbar – Tahsinul Qiroah adalah pelatihan untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an, mulai dari makhrijul huruf dan tajwid. Maka dari itu, Remaja Masjid Al Akbar Surabaya menggelar pelatihan tahsinul qiroah agar pada pemuda dan remaja dapat membaca Al-Qur’an dengan tepat serta benar.

“Kegiatan ini diperuntukkan kepada sahabat muda remas yang ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Dalam kegiatan ini akan dipandu oleh Ustadz Thobib Dzikrul Hasan seorang muadzin Masjid Al Akbar Surabaya dan Qori’ Provinsi Jawa Timur,” kata Sholeh, Wakil Ketua Remas yang juga penanggung jawab Tahsinul Qoriah (18/3).

Acara ini dilaksanakan setiap hari ahad pada pukul 10.00 pagi sampai 11.30 WIB di ruang Kalijaga Masjid Al Akbar. “Ini terbuka untuk umum, terbuka untuk remaja masjid se Indonesia,” terang Sholeh.

Menurut A Ainun Najib Ketua Remas Al Akbar ada empat metode yang bisa digunakan dalam membaca Al-Qur’an yaitu Hadr membaca Qur’an dengan cepat dan memperhatikan bacaan dan tajwid. Metode ini biasanya digunakan saat murojaah bagi para hafidz.

Kedua adalah Tadwil, metode membaca Qur’an dengan tempo sedang. Boleh digunakan saat khotmil Qur’an dan shalat yang rakaatnya banyak misal tarawih. Ketiga Tahqiq, metode membaca Qur’an dengan tempo yang lambat dan dengan power vokal yang kuat guna memperjelas huruf. Metode ini digunakan dalam mengajar Qur’an.

Keempat Tartil, metode yang biasa digunakan oleh bagina Nabi Muhammad SAW yaitu metode membaca Qur’an dengan tempo sedang, power sedang, dan memiliki fungsi yang paling luas. “Dalam Al-Qur’an terdapat tujuh teknik dasar dalam membaca Qur’an dengan metode tartil. Yaitu bayati, hijaz, rost, nahawa, shoba, sika, dan jiarka,” pungkas Najib. Taufiq

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *