Sembilan Beduk Ditabuh di Masjid Al Akbar

Masjid Al Akbar – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama RI melaksanakan sidang isbat menentukan awal bulan syawal. Menteri Agama H Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan hasil rukyah yang tersebar dibeberapa titik di Indonesia bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018.

Keputusan tersebut disampaikan Kanwil Kemenag Jawa Timur H Syamsul Bahri setelah Shalat Isya di MAS (14/6). “Alhamdulillah besok kita sudah memasuki hari kemenangan. Umat Islam se Jawa Timur bahkan se Indonesia akan melaksanakan shalat id secara bersamaan,” kata Syamsul Bahri.

Selepas sambutan, Syamsul Bahri bersama H Abdul Hamid Asisten Administrasi dan Umum Setda Prov Jatim didampingi Direktur MAS beserta jajaran Direksi menuju halaman timur Masjid Al Akbar Surabaya. Sembilan beduk telah menunggu.

Sebelum takbir dan tahmid berkumandang, Kepala Kanwil memberikan tausyiah singkatnya. Menurut Syamsul Pendidikan di Bulan Ramadhan yang mengantarkan kecintaan kepada Allah dan Nabinya. “Hari ini banyak orang menangis karena berpisah dengan bulan Ramadhan dan ada juga yang kebingungan karena mereka menyesal tidak menjalankan ibadah dengan baik selama Ramadhan,” ucapnya.

Asisten Administrasi dan Umum Setda Jatim menyampaikan sambutan atas nama Gubenur Jawa Timur bahwa Pakde Karwo mengucapkan terimakasih kepada tokoh agama yang turut serta membantu program pemerintah. “Selama Bulan Ramadhan, semoga kita mampu meningkatkan ibadah kita. Hari ini telah tiba saatnya bersilaturrahmi dengan damai kepada tetangga dan keluarga,” kata Abdul Hamid membacakan sambutan Pakde Karwo Gubenur Jawa Timur.

Sembilan beduk ditabuh secara bersamaan dengan takbir dan tahmid. Asisten Administrasi dan Umum Setda Jatim didampingi Direktur Utama MAS, Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Perwakilan MUI Jatim, PWNU Jatim, Polda Jatim dan perwakilan Pangdam V Brawijaya. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *