IGTKI Gelar Manasik Haji Cilik di MAS

Masjid Al Akbar – Ratusan anak taman kanak-kanak Islam dari seluruh Kecamatan Gedangan Sidoarjo mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak Indonesia (IGTKI) di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Kamis (6/9). Latihan manasik haji dilakukan setiap satu tahun sekali pada musim haji.

Latihan ini bertujuan untuk mengenalkan rukun Islam yang ke-lima kepada anak-anak sejak usia dini, agar ilmu yang diajarkan dapat tertanam pada diri mereka. Disisi lain latihan ini mempunyai manfaat secara tidak langsung dirasakan oleh orang tua mereka. Latihan ini dilakukan tanpa persiapan khusus, hanya menyiapkan tempat sebelum berlangsungnya acara.

Ratusan anak-anak dari 34 TK B yang tergabung dari IGTKI melaksanakan manasik haji layaknya orang dewasa dengan didampingi oleh kedua orang tua. Mereka tekun melakukan manasik haji yang dipandu langsung oleh Ibu Jufriatin selaku ketua acara. Ritual ibadah haji seperti tawaf, mengelilingi ka’bah, melempar jumroh, serta wukuf dilakukan secara bersungguh-sungguh sesuai intruksi pemandu. Namun pada umumnya anak-anak yang umur 5-6 tahun, mereka belum melakukan sepenuhnya dengan sungguh-sungguh.

Selain manasik haji, anak-anak juga mendapatkan giliran berfoto disamping serambi masjid, tujuannya agar setiap latihan ini bukan hanya menambah minat anak-anak namun melatih kebersamaan dan kekompakan.

BeritaTerkait

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *