Kembangkan Manajemen Modern, MAS Gelar Pelatihan

Masjid Al Akbar – Melalui program kerja bidang diklat, kajian dan perpustakaan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya kembali menggelar pelatihan manajemen masjid. Moch Chotib, Ketua Bidang Diklat mengatakan pelatihan ini sudah masuk pada angkatan ke 13. “Pelatihan ini digelar agar para takmir atau marbot bisa mengoptimalkan fungsi masjid,” kata Chotib dalam sambutannya (8/9).

Selain itu, menurut Chotib untuk pelatihan ini juga akan berupaya membangun komitmen pengurus masjid agar bisa memakmurkan masjid. Tidak hanya itu, masjid harus menjadi tempat sebagai memecahkan masalah umat Islam. “Memperluas wawasan dan jaringan itu paling penting,” tuturnya.

Untuk mencapai memakmurkan masjid diperlukan manajemen pengelolaan yang modern. Seluruh Masjid di Jawa Timur hanya lima persen yang menggunakan sistem manajemen modern. “Masjid tidak bisa dikelola dengan sistem keluarga, harus punya perencanaan dan pengontrolan yang terorganisir,” kata H Endro Siswantoro Direktur Utama MAS.

Dengan latarbelakang tersebut, Masjid Nasional Al Akbar terpanggil dengan segala kekuatan potensi yang dimiliki berusaha menyelami dan berdiskusi bersama para pengurus masjid. “Masjid Al Akbar Surabaya ini masjid percontohan paripurna, mulai dari perawatan, ibadah, pendidikan dlsb,” lanjut pria kelahiran Lamongan ini.

Dengan motivasi tersebut MAS ingin mendorong masjid-masjid agar bisa mendapatkan penilaian yang sama dari Kementerian Agama RI. “Percontohan paripurna itu bukan untuk dijual belikan tapi itu bagian dari alat untuk memakmurkan masjid,” tuturnya.

Pelatihan yang diikuti 50 peserta ini, dihadiri Direktur Utama MAS, Kabid Pendidikan Dasar, Imam Rawatib H Abdul Hamid Syarifuddin. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *