Jalan Sehat Bershalawat di MAS Membludak

Masjid Al Akbar – Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya memperingati Tahun Baru Islam. Acara yang dikemas dengan Jalan Sehat Bershalawat (JSB) ini membludak di luar perkiraan. “Ada sekitar 40 ribu peserta yang ikut memeriahkan acara ini,” kata H Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya (11/9).

Melihat antusas masyarakat ini, PHBI Provinsi Jawa Timur menambah hadiah utama umrah yang semula hanya dua menjadi enam hadiah utama umrah. Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemrov Jatim Jumadi mencari empat hadiah umrah dari pejabat Pemrov yang hadir. “Saya ingin menambah hadiah umrah, yang pertama dari Bank Jatim, Pj Bupati Bangkalan dan dari Kabiro Administrasi Perekonomian Jatim, Dinas Cipta Karya dan saya menambahi satu unit sepeda motor,” kata Jumadi disambut gembira para peserta.

Total hadiah yang diberikan kepada masyarakat Jawa Timur enam hadiah utama umrah, 13 sepeda gunung dan 100 hadiah hiburan lainnya.

Setelah memberikan sambutan atas nama Gubernur Jawa Timur, Pj Sekdaprov Jatim bersama Ketua Umum MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori dan Direktur Utama MAS memberangkatkan JSB. “Meski acara ini diadakan setiap tahun, namun antusias masyarakat luar biasa. Ini jauh lebih besar jumlahnya dibandingkan tahun lalu,” kata H Endro Siswantoro Direktur Utama Masjid Al Akbar Surabaya.

Para masyarakat berjalan se jauh empat kilometer mengikuti rute yang telah ditentukan. Sebagian dari mereka ada yang membaca shalawat. Setiap jalan berbelok ada polisi yang mengarahkan. Panitia PHBI membagikan kupon di tengah perjalanan tepatnya di depan Polsek Gayungan. Namun di tengah pembagian, panitia kehabisan kupon.

Sebagian peserta jalan sehat tidak mendapat kupon. “Panitia hanya menyediakan kupon 16 ribu, sedangkan pesertanya membludak hingga 40 ribu,” kata salah satu panitia.

Agar tidak mengecewakan, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya langsung menyelesaikan persoalan masyarakat yang tidak mendapatkan kupon.

“Kami memanggil peserta jalan sehat yang tidak mendapat kupon agar menuju gedung as-shofa lantai 2 masjid. Alhamdulillah, akhirnya semua peserta mendapatkan kupon. Setelah dipastikan semua dapat kupon baru diundi ,” kata Helmy memberikan keterangan kepada wartawan soal peserta yang tidak mendapatkan kupon.

Akhirnya semua peserta mengikuti pengundian sambil bersholawat hingga kumandang adzan Dhuhur tiba. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *