Jelang HUT ke 18, MAS Ziarah Pendiri Cak Narto

Masjid Al Akbar – Kolonel TNI (Purn) H Soenarto Soemoprawiro atau yang akrab disapa Cak Narto merupakan penggagas pendirian Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Cak Narto waktu itu menjabat sebagai Walikota Surabaya pada 1994-2000. Setahun dari jabatannya pada 1995, Cak Narto menggagas berdirinya Masjid terbesar kedua setelah Istiqlal Jakarta.

“Agenda ziarah kepada para pendiri dan penggagas Masjid Nasional Al Akbar ini merupakan kegiatan tahunan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) MAS. Diawali dengan berziarah ke makam Cak Narto penggagas berdirinya MAS yang juga Walikota Surabaya,” kata H Endro Siswantoro, Direktur Utama MAS di komplek pemakaman pahlawan 10 November Jl Mayjen Sungkono (7/11).

Di makam Cak Narto, Direktur Utama MAS bersama pengurus memanjatkan doa yang dipimpin oleh KH Ahsanul Haq Kabid Pendidikan Usia Dini dan Dasar.

Perjuangan Cak Narto menggagas berdirinya masjid di daerah Pagesangan dan Gayungan Surabaya ini merupakan amanat bagi para karyawan. Bagaimana kedepannya karyawan harus meningkatkan ibadah kepada Allah dalam menyiarkan Islam di Indonesia.

“Kita bangga sebab MAS saat ini memiliki posisi yang sangat penting di Indonesia timur dan Jawa Timur,” lanjut Endro di depan puluhan karyawan.

Memakmurkan masjid peninggalan Cak Narto perlu ditingkatkan. Dengan konsep ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah di masjid. “Kirim doa tidak hanya menjelang satu tahun saja, tapi setiap hari kita harus mengingat para pendiri agar bisa meningkatkan kinerja kita dalam memakmurkan masjid,” tutur pria kelahiran Lamongan ini.

Ziarah kepada makam pendiri dimulai dari Makam Cak Narto, Direktur pertama MAS di Jombang dan terakhir di Makam Presiden ke 4 Republik Indonesia. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *