Jumat Berkah, MAS bagi 21 Ribu Apem

Masjid Al Akbar – Jum’at (3 Mei 2019), Ba’da Shalat Jum’at Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan menggelar Megengan Kubro. Mengengan merupakan tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut bulan Ramadhan, megengan diambil dari bahasa Jawa yang artinya menahan. Ini merupakan suatu peringatan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan.

“Dalam Mengengan ini, MAS memilih membagikan kue apem dengan jumlah yang sangat besar yaitu 21 ribu, angka itu akan tercatat di Rekor Muri. Kenapa memilih apem, karena apem ini diambil dari kata afuan atau afuwwun yang berarti pengampunan. Momentum menyambut bulan Ramadhan ini mari sejenak saling memberi maaf. Selain itu, kue apem lebih dikenal sebagai kue tradisional Jawa,” kata H Helmy M Noor, Sekretaris Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (30/4).

Tidak hanya itu, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya juga akan melaunching Sparkling Ramadhan yang akan dihadiri dua pemimpin srikandi, yaitu Ibu Gubernur Jawa Timur dan Ibu Walikota Surabaya. “Ya, Ibu Khofifah dan Ibu Tri Rismaharini sudah konfirm hadir,” kata H Hendro Tjahjono, Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Direncanakan nanti Ibu Gubernur Jawa Timur bersama Ibu Walikota Surabaya akan menabuh beduk secara bersamaan sebagai tanda launching Sparkling Ramadhan. Sebagai masjid ramah anak, 99 siswa-siswi KBRA dan MI akan melepas balon ajakan kebaikan di bulan Ramadhan.

“Kami juga akan membuka Booth Konsultasi Fiqih Ramadhan dan Booth Infak Takjil. Kami juga akan memberikan santunan kepada 99 anak yatim dan dhuafa,” terang Hendro.

Badan Pelaksana Pengelola MAS juga membuka kesempatan bagi masyarakat atau jamaah ikut berpartisipasi menyumbangkan dana atau ikut berdonasi dalam kegiatan pengadaan ta’jil atau makanan berbuka. Tahun ini pengelola MAS mematok harga setiap nasi kotak Rp 11.000. “MAS mengundang partisipasi masyarakat atau jamaah jika ingin menyumbangkan atau ikut bershodaqoh untuk kegiatan tersebut,” pungkas Hendro. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *