Masjid Al Akbar Hewan Qurban Ramah Lingkungan

Masjid Al Akbar – Tahun ini, 1440 H Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dalam melaksanakan Idul Adha atau hari raya qurban berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, Masjid Al Akbar memutuskan dalam pelaksanaan Idul Adha atau penyembelihan hewan qurban.

Masjid Al Akbar memiliki delapan SOP penyembelihan hewan qurban. Pertama perawatan hewan, hewan menuju penyembelihan, transit sebelum dipotong, lokasi transit dan pemotongan terpisah, pembacaan nama dan doa untuk pengquban, pemotongan hewan oleh JULEHA (Juru Sembelih Halal), pencacahan menggunakan mesin bone saw dan pendistribusi.

“Spesialnya dalam pembagian daging kurban nantinya kita akan menggunakan besek, no plastic,” kata Helmy M Noor Sekretaris BPP MAS sembari menunjukkan besek yang bakal digunakan untuk pembagian daging kurban (9/8). Setidaknya ada 3000 besek yang disediakan oleh Masjid Nasional Al Akbar. Yang nantinya digunakan untuk pembagian saat usai disembelih.

Selain itu Helmy menjamin bahwa higienis proses penyembelian kurban juga dilakukan. Jeroan hewan qurban akan diolah setengah matang. Kotoran hewan kurban akan diolah menjadi kompos. Dan tidak akan ada limbah penyembelihan yang dibuang ke sungai. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *