Bendera Merah Putih Super Akbar di Menara Masjid Al Akbar

Masjid Al Akbar – Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyambut 17 Agustus 2019 dengan mengibarkan bendera merah putih super akbar. Tercatat bendera merah putih super akbar miliki ukuran 25 Meter X 17 Meter dengan berat 45 kg. Bendera merah putih sebelum dipasang terlebih dahulu akan dikirab dari pintu timur (pintu utama MAS) menuju Menara Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Acara yang bertajuk Kirab Budaya dan Pemasangan Bendera Merah Putih Super Akbar di Menara Masjid Nasional Al Akbar dibuka Dr H Emil Elistianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur dan Arumi Bachsin Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Kamis (15/8/2019).

Arumi Mewakili Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim membuka dan memberangkatkan lima ribu peserta kirab budaya. Mereka antara lain terdiri dari siswa SMA/SMK se Surabaya dan mahasiswa serta elemen masyarakat Jawa Timur.

“Dulu para pejuang untuk merebut kemerdekaan dengan menggunakan bambu runcing, kini kita menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan semangat anak muda. Anak muda adalah adalah bambu runcing di masa sekarang. Mereka jadi ujung tombak perjuangan Bangsa Indonesia di masa sekarang,” kata Arumi.
Arumi yang menaiki mobil jieb terbuka itu memimpin keberangkatan para peserta pawai. Para siswa, mahasiswa dan elemen masyarakat berjalan kaki dari pintu gerbang timur (pintu utama MAS) ke gerbang utara masjid Al Akbar.

Emil Elistianto Dardak mengatakan mari kita mengisi kemerdekaan dengan semangat yang sama. Tidak ada lagi kalimat kita merdeka tapi bangsa ini masih kelaparan, kita merdeka tapi masih banyak rakyat yang sensara. Mari kita berperan mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan kemampuan dari diri kita sendiri. “Generasi muda adalah masa depan bangsa ini. generasi muda wajib mengisi kemerdekaan dengan penuh optimis,” tegas Emil.

Bendera super akbar berkibar di Menara Masjid Nasional Al Akbar yang memiliki ketinggian 99 meter oleh 99 personil dari berbagai elemen. Pemasangan Bendera Merah Putih Super Akbar ini menggunakan tali berukuran tidak seperti biasanya. Tercatat Panjang tali 215 meter berat tali 150 kilogram dan diameter tali 22 meter,” kata H Helmy M Noor, Sekretaris Masjid Nasional Al Akbar Surabaya ini.

Helmy menjelaskan pemasangan bendera super akbar ini, diharapkan menjadi jalan untuk mencintai NKRI. Selain itu, dengan adanya momen hari proklamator kemerdekaan ini menjadi contoh bagi masjid lain agar terus mencintai NKRI.

“Untuk menambah kecintaan kita kepada negeri, acara kirab juga dimeriahkan dengan penampilan Drumband yang akan diisi oleh anak-anak SMK Bhakti Samodra Surabaya, Barongsai dari Komunitas Tiga Naga, Musik Patrol oleh SMKN 12 Surabaya dan tarian sufi oleh Al Asyiqien Mojokerto,” pungkas Helmy. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *