MAS Bagi Konsep Rangkul Milenial dengan Taman Masjid Edu Park di Forum Internasional

Masjid Al Akbar – Perwakilan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dalam Program 2019 Taiwan Muslim Youth Exchange. Pada sesi orientasi yang dilaksanakan di Institute of Diplomacy and International Affairs Kota Taipe ini Moch Rofi’i Boenawi, Staf Humas & IT MAS mengatakan Masjid Al Akbar adalah masjid terbesar ke dua setelah Istiqlal di Jakarta. Masjid Al Akbar menjadi salah satu masjid wisata di Jawa Timur.

“Masjid Al Akbar memiliki luas 11,2 hektar dan mampu menampung 30 ribu jamaah. Masjid Al Akbar ini diresmikan pada tahun 2000 diresmikan langsung Presiden RI yang kala itu dijabat KH Abdurrahman Wahid,” kata Rofi’i di Forum Internasional (26/8) itu.

Pria kelahiran Surabaya ini juga menyampaikan Masjid Al Akbar sejak berdiri sudah menjadi icon Kota Surabaya dan Jawa Timur. Masjid yang terletak di Surabaya selatan ini memiliki menara dengan ketinggian 99 Meter. “Dari menara itu, bisa melihat keindahan Kota Surabaya dan menara ini menjadi destinasi wisata di Masjid Al Akbar Surabaya,” tutur Rofi’i.

Kebesaran masjid tanpa ada kesadaran isu terkini, terlebih soal Radikalisme yang sudah mulai menyusup ke tempat ibadah serta generasi milenial. Masjid Al Akbar berinovasi membangun Taman Masjid Edu Park di sebelah barat menara yang berada di utara masjid. “Taman Masjid Edu Park ini dibangun untuk menjawab isu Radikalisme,” terang pria kelahiran 1991 ini.

Lanjut Rofi’i, Taman Masjid Edu Park akan didesain seminimalis mungkin agar bisa menarik generasi milenial untuk berdiskusi tentang Islam ramah yang selalu digaungkan Gubernur Jawa Timur. “Di Taman Edu Park ini akan disediakan room atau tempat terbuka (outdoor) untuk berdiskusi soal Islam. Kenapa, karena generasi milenial lebih suka tempat yang nyaman dan santai terlebih di sana akan ada bibit tanaman,” terangnya.

Forum 2019 Taiwan Muslim Youth Exchange ini dihadiri 50 pemuda pemudi berasal dari empat negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapure. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *