Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Pasti kamu kalau beli bakso ada sayuran taoge dan si hijau ini kan? Ya, sayuran ini bernama sawi. Sayuran sawi pun terdiri dari berbagai macam, termasuk ada sawi putih, pakcoy atau sawi sendok. Sebagian orang pun tidak menyukai sayuran satu ini, karena rasa dan baunya yang khas.

Sayuran yang tergolong murah dan mudah didapat ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan, lho. Inilah beberapa manfaat sawi hijau untuk kesehatan.

  1. Mencegah penyakit kanker

Sawi hijau merupakan sayuran yang mengandung antioksidan alpha-lipoic acid yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, serta terkandung sulfur glucosinolates yang berfungsi untuk menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Antioksidan yang terdapat pada sawi hijau pun bermanfaat untuk penyakit diabetes. Dari antioksidan alpha-lipoic acid tersebut bermanfaat untuk menekan kadar glukosa menjadi lebih rendah.

  1. Mengontrol kadar kolesterol

Kolesterol terbilang menjadi sebuah penyakit ialah di mana kadar kolesterol dalam tubuh tidak seimbang, bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah. Antioksidan dalam sawi hijau pun berkhasiat untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Menyehatkan tulang

Tulang menjadi hal yang krusial bagi kesehatan tubuh, tanpa tulang yang sehat aktivitas sehari-hari pun dapat terganggu dan terbatas. Sawi hijau mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Vitamin K dan zat besi yang bertindak untuk mengubah protein matriks tulang dan meningkatkan kalsium dalam tubuh.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Pencernaan yang bermasalah pun pasti akan mengganggu aktivitas. Sawi hijau mengandung serat yang cukup tinggi, dari kandungan serat tersebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan yang bermasalah.

  1. Menyehatkan kulit dan rambut

Sawi hijau mengandung vitamin C yang bermanfaat menutrisi tubuh dan membentuk kolagen untuk kulit sehat dan rambut terlihat bagus. Selain itu, sawi hijau mengandung vitamin A yang berfungsi membuat sebum untuk perlindungan rambut agar terlihat lembap.

  1. Menstabilkan berat badan

Tubuh yang ideal ditunjang dengan berat badan dan tinggi yang seimbang. Umumnya wanita pun menginginkan memiliki bentuk tubuh yang langsing. Sawi hijau ternyata memiliki khasiat menstabilkan berat badan kamu, lho. Karena sawi hijau merupakan sayuran yang tinggi serat, jadi cocok dimakan untuk kamu yang sedang program diet.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu makan sawi hijau. Ternyata, sayuran dengan harga murah dan mudah didapat memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan. Yuk, biasakan hidup sehat termasuk dengan makan sayur-sayuran.

 

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *