Manfaat Sehat Pakcoy, Haluskan Kulit Hingga Perkuat Tulang

Kamu penggemar olahan serba sayur khas Tiongkok? Pasti sudah tak asing lagi dengan sayur yang satu ini.

Dikenal dengan nama bok choy atau pakcoy, sayur menyerupai sawi hijau namun berbatang pendek ini memang sering diolah menjadi beragam hidangan oriental. Seperti ditumis dengan saus tiram, disajikan bersama siraman saus daging, hingga diolah menjadi sup hangat.

Di balik tekstur renyah dan rasa segarnya yang membuat ketagihan, mengkonsumsi pakcoy ternyata juga bisa membawa dampak baik bagi kesehatan. Kandungan vitamin, mineral, hingga seratnya yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang bila dikonsumsi secara teratur.

Dilansir Boldsky, ini dia tujuh manfaat di balik lezatnya pakcoy yang juga dikenal dengan nama sawi sendok ini.

 

  1. Menghaluskan kulit

Kulit yang sehat tentu dapat meningkatkan kepercayaan diri di depan orang lain. Salah satu cara untuk menjaga kulit tetap sehat adalah memperbanyak asupan sayur seperti pakcoy.

Antioksidan yang ada di dalam pakcoy berfungsi menghalau radikal bebas akibat polusi atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tetap lembap, kenyal, dan bebas keriput.

  1. Mencegah peradangan

Sayur yang memiliki batang renyah ini juga mengandung zat kolin yang berguna untuk melawan peradangan di dalam tubuh. Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan kolin yang ada di dalam pakcoy bahkan dapat menurunkan gejala yang disebabkan oleh inflamasi seperti nyeri sendi dan arthritis atau radang sendi.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Cuaca yang tidak menentu sering membuat badan rentan terkena gangguan kesehatan, apalagi bila sistem kekebalan tubuh tengah menurun. Nah, menyantap pakcoy ternyata bisa menjadi cara mudah untuk meningkatkan imunitas.

Di dalam pakcoy terdapat vitamin C yang bisa merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih ini nantinya berguna untuk meningkatkan respon imun terhadap infeksi dan kuman penyakit.

  1. Menjaga tekanan darah

Orang Indonesia dikenal gemar menyantap hidangan gurih yang tinggi garam. Padahal, asupan natrium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena darah tinggi.

Agar kadar natrium di dalam tubuh tetap berada dalam batas normal, kamu bisa memasukkan pakcoy ke dalam daftar menu harian. Kombinasi potasium, kalsium, dan magnesium di dalam pakcoy bisa membantu tekanan darah secara perlahan. Bahkan menurut sebuah jurnal yang dikeluarkan American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengkonsumsi 4.700 mg potasium per hari memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi yang lebih kecil dibandingkan orang yang jarang mendapat asupan potasium.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Cara termudah menurunkan risiko terkena penyakit jantung adalah memperbanyak asupan sayur seperti pakcoy yang kaya vitamin dan mineral. Kombinasi vitamin dan mineral yang terdapat di dalam sayur hijau ini bisa membantu membersihkan badan dari racun dan kolesterol yang bisa menyumbat aliran darah. Selain itu, pakcoy juga dapat mengurangi kadar homocysteine, yakni suatu zat yang bisa menyebabkan gangguan pada jantung.

  1. Melancarkan pencernaan

Seperti halnya sayur lainnya, pakcoy juga tinggi akan serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya melancarkan, serat di dalam pakcoy juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, hingga peradangan pada usus.

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang pun sedikit demi sedikit akan berkurang, bahkan dapat berujung pada gangguan osteoporosis. Agar tulang tetap sehat, salah satu cara termudah adalah memperbanyak asupan pakcoy pada menu makanan sehari-hari. Kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan zink di dalam pakcoy berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat dan padat. Bahkan perpaduan zat besi dan zinc juga memiliki peranan penting dalam peningkatan produksi kolagen di dalam tubuh, lho.

 

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *