Ribuan Orang Buka Puasa di Masjid Al-Akbar Bersama Teman/Keluarga

Surabaya (MAS) – Ribuan orang melakukan buka puasa bersama (bukber) dengan teman atau saudara/keluarga setiap sore di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) yang diawali dengan “ngaji ngabuburit”.

“Fasilitas dan tempat di masjid ini memang bagus buat buka puasa bareng keluarga, semoga nanti saya bisa ngajak keluarga lagi untuk buka puasa di masjid ini,” ucap Rif’an dari Sidoarjo saat ditemui menggelar karpet di kawasan taman Air Mancur MAS, Senin petang.

Bahkan, ia menilai kegiatan yang difasilitasi pengelola Masjid Al-Akbar selama bulan Ramadhan juga bagus sekali. “Ada tadarus Qur’an, ada kajian ilmu, ada ustadz yang hebat, ada takjil, dan ada kupon juga ya,” katanya.

Sementara itu, Humas MAS H Helmy M Noor mengapresiasi ketertiban jamaah saat “ngabuburit” di Masjid Al-Akbar. “Setiap hari kami membagikan buka puasa kepada jamaah, tapi kami bagikan sebelum buka puasa atau saat jamaah datang, agar tidak berebut,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, tidak ada lagi pembagian takjil setelah Shalat Maghrib seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kami belajar dari pengalaman, kalau pembagian takjil setelah shalat maghrib akan berebut dan ada yang nggak dapat, tapi sekarang tertib,” katanya.

Setiap hari, pembagian Takjil Ngabuburit Ramadhan GenZi 1445 H juga terus bertambah. “Awalnya, kami bagikan sekitar 1.300-an takjil, tapi minggu ini sudah sekitar 1.600-an takjil lebih. Kami perkirakan menjelang malam 27 Ramadhan bisa 1.500-2.000 takjil,” katanya.

Selain 1.500-2.000 nasi takjil yang disiapkan BPP Masjid Al-Akbar, setiap hari juga ada donasi dari jamaah berupa 100-500 nasi kotak atau makanan lainnya untuk takjil.

“Kami juga menyiapkan 250 kardus air mineral yang berisi 12.000 air minuman ukuran gelas dan tersimpan dalam belasan lemari pendingin yang tersebar di beberapa titik lokasi masjid,” katanya.

Ia menambahkan pemberian takjil dan makanan buka puasa dilakukan saat Ngaji Ngabuburit mulai jam 15.30 WIB. “Ada lima manfaat Ngaji Ngabuburit di sini, yakni khotmil Qur’an, ngaji bareng ustadz kompeten, dapat takjil, nasi boks dan kupon motor yang diundi pada malam 27 Ramadhan,” katanya. (*/azka-mas)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *