Ulama Suriah Syeikh Umar bin Muh Rojab Apresiasi Spiritualitas dan Kebersihan di Masjid Al-Akbar

Surabaya (MAS) – Ulama Suriah dan anggota istimewa ulama sufi dunia Syeikh Umar bin Muhammad Rajab Dieb mengapresiasi spiritualitas dan kebersihan di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS), terutama spiritualitas generasi muda.

“Saya pertama kali ke Surabaya pada tahun 2010 dan saya ingin bisa ceramah di masjid yang kubahnya terlihat bagus dari jalan tol ini, akhirnya bisa terlaksana setelah 14 tahun,” katanya setelah Tabligh Ramadhan Karim di MAS, Rabu.

Didampingi rekannya Syeikh Amir bin Muhammad Rajab, ia menilai kebesaran Islam memang sangat terlihat di Indonesia, baik di Istiqlal Jakarta, Masjid Al-Jabbar Bandung, dan Masjid Agung Makassar, termasuk MAS yang sesuai namanya yakni akbar atau besar dalam dakwah.

“Yang saya apresiasi dari Masjid Al Akbar yang megah ini adalah kerja keras manajemen masjid dalam mewujudkan spiritualitas yang berkualitas dan kebersihan yang nyata. Yang penting lagi membangun spiritualitas generasi ke depan. Semuanya ada di masjid ini,” katanya.

Dalam ceramahnya di depan jamaah MAS, ia menekankan pentingnya memanfaatkan Ramadhan sebagai bulan yang penuh ampunan, karena Allah berfirman untuk bersegera datang pada ampunan.

“Kita memasuki bulan Ramadhan yang penuh ampunan, maka tidak beruntung orang yang justru tidak mendapat ampunan, karena itu Allah dan Rasul-Nya memerintahkan dzikir agar mendapat ampunan,” katanya.

Bahkan, Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan Aisyah justru shalat sampai bengkak kakinya saat Ramadhan, lalu saat diprotes Aisyah pun dijawab apakah engkau tidak bangga jika aku jadi hamba yang bersyukur.

“Apakah kita yang tidak ada garansi surga seperti Rasulullah, lalu shalat kita tidak seperti contoh Rasulullah dalam lisan dan perbuatan. Ini pelajaran penting buat kita.
Ramadhan tidak hanya tinggalkan lapar dan dahaga tapi tinggalkan larangan dan bersegera pada ampunan, karena kita tidak tahu umur kita,” katanya.

Sebelumnya (22/3), qori’ dari Afrika, Syech Ziyaad Patel, menjadi imam Sholat Jumat dan memimpin ikrar masuk Islam untuk WNI di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. (*/mas)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *