GenZI dan Ribuan Jamaah Ikuti Qiyamul Lail di Masjid Al-Akbar

Surabaya (MAS) – Tidak sedikit generasi Z Islami (GenZI) menjadi bagian dari ribuan jamaah yang mengikuti “Qiyamul Lail” 10 Hari Akhir Ramadhan 1445 H di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS).

“Semoga pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan ini, kita semua bisa meningkatkan kualitas ibadah kita. Alhamdulillah, Masjid Al-Akbar memfasilitasi,” kata Fathul Muqorrobin, jamaah GenZI dari Surabaya yang mengikuti iktikaf, tadarus, dan sholat malam bersama rekan-rekannya di MAS sejak Senin (1/4) dinihari pukul 01.00 WIB.

Selain buka 24 Jam, Badan Pelaksana Pengelola (BPP) MAS melayani jamaah “Qiyamul Lail” 10 Hari Akhir Ramadhan dengan akses lokasi lewat aplikasi Virtual Tour 3D pada https://www.masjidalakbar.or.id/virtualtour/

“Untuk kenyamanan dan keamanan Jamaah qiyamul lail, Masjid Al Akbar memandu jamaah menuju lokasi Masjid Al Akbar yang berjumlah 45 pintu dengan mengakses aplikasi Virtual Tour 3D Masjid Al Akbar itu,” kata Humas MAS H Helmy M Noor.

Dengan aplikasi itu, Jama’ah putri akan dipandu masuk dari sisi utara masuk lewat pintu nomor 1, 3, 4, 8, lalu dari sisi timur lewat pintu nomor 18, 21 23 dan 28, sedangkan dari sisi selatan melalui pintu nomor 38.

Bagi Jama’ah putra akan dipandu masuk dari sisi utara melalui lorong wudlu antara pintu 5 dan 6, lalu dari sisi timur melewati pintu 21, 23 dan 25, sedangkan dari selatan melewati pintu 43 dan pintu lorong wudlu antara pintu 40 dan 41.

“Rangkaian Qiyamul Lail diawali pukul 01.00 – 01.30 WIB dengan aktivitas Dzikir, Muhasabah dan Tausiyah, lalu pukul 01.30 – 03.00 WIB dengan aktivitas Sholat Tahajud 4 rakaat 2 salam, Sholat Tasbih 4 rakaat 2 salam dan Sholat Hajat 2 rakaat 1 salam,” kata Helmy.

Untuk Imam Qiyamul Lail adalah KH. Abdul Hamid Abdullah, S.H., M.Si (Imam Besar MAS) pada tanggal 1, 2, 5 , 6, 9 April 2024, lalu KH. Ahmad Muzakky, Al-Hafidz, untuk tanggal 3, 4, 7 dan 8 April 2024.

“Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyiapkan area sholat secara penuh, baik di lantai 1 maupun lantai 2 dengan kapasitas 40 ribu Jama’ah. Semuanya dibuka 24 jam,” katanya.

Pada Malam 27 Ramadhan (6/4) juga ada Lailatul Qiro’ah Menyambut Lailatul Qadar dengan qori-qoriah Nasional-Internasional.

Terkait Nasi Sahur, Masjid Al Akbar Surabaya menyiapkan 1.500 boks yang akan dibagi mulai pukul 01.00 WIB, sedangkan air mineral disiapkan dengan jumlah tak terbatas yang terbagi dalam 8 titik lemari pendingin.

“Karena terbatasnya jumlah nasi sahur, Masjid Al Akbar menyarankan kepada para Jama’ah untuk membawa bekal sahur sendiri. Kami juga mengimbau agar jamaah membawa masuk alas kaki (sepatu/sandal) di ruang sholat dengan terlebih dahulu dimasukkan dalam tas kecil atau sejenisnya, agar aman dan tidak ada kerumunan bakda qiyamul lail,” katanya.

Helmy yang juga Sekretaris MAS itu menambahkan Masjid Al Akbar juga mengupayakan kenyamanan Jama’ah dengan menyiapkan posko kesehatan, dua ambulans plus dokter dan paramedis. “Pada 1-5 April juga ada Donor Darah Bersama PMI Surabaya di halaman parkir utara masjid,” katanya. (*/azka-mas)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *