Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Terima Sapi Qurban dari Presiden Jokowi, Pj Gubernur, Khofifah, Forkopimda & Jamaah

Share :

Surabaya (MAS) – Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) menerima Sapi Qurban Idul adha 1445 H dari Presiden Joko Widodo, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono, dan mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, serta Forkopimda dan jamaah MAS.

“Sapi Qurban dari Presiden itu jenis Sapi PO atau Peranakan Ongole seberat 1.010 kilogram atau 1 Ton, tingginya 156 centimeter, dan umurnya 5 tahun, yang berasal dari Lamongan dengan peternak H Teguh dari Desa Takerhardjo, Kecamatan Solokuro, Lamongan,” kata Humas MAS H Helmy M Noor di Surabaya, Minggu.

Untuk Qurban Sapi dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono adalah Sapi PO dengan berat 950 kg, umur 5 tahun, dan tinggi 151 cm dengan peternak Subandi dari Desa Genilangit, Kec. Poncol, Magetan.

Untuk Sapi Qurban dari Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono adalah Sapi PO yang beratnya 850 kilogram dan tingginya 146 cm dengan peternak Teguh yang alamatnya sama dengan peternak dari Sapi Presiden Jokowi.

Sementara itu, Sapi Qurban untuk mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa merupakan sapi hitam dari jenis persilangan Limosin vs Angus yang beratnya 1.150 kg, dan tingginya 1,6m dari peternak Jamil Achmadi asal desa Katol Timur Kec. Kokop Bangkalan.

“Kami juga menerima sapi qurban dari Kapolda, Pangdam, Pangkoarmada dan Pejabat Forkopimda lainnya,” katanya.

Untuk penyembelihan sapi-sapi itu akan dilaksanakan H + 1 atau Selasa (18 Juni 2024), sedangkan Sholat Idul Adha 1445 H di Masjid Al Akbar pada Senin 17 Juni 2024. Sholat yang dimulai pukul 06.00 WIB dengan imam KH Abdul Hamid Abdullah, SH, M.Si (Imam Besar MAS) dan khotib Drs H Mufi Imron Rosyadi, M.E.I (Plt Kakanwil Kemenag Jatim).

“Distribusi daging qurban dilaksanakan melalui Kelurahan Pagesangan dan Menanggal merujuk data Gakin yang diverifikasi oleh RT/RW setempat. Tidak ada pembagian kupon,” katanya.

Untuk Sholat Idul Adha, Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Al Akbar akan menyiapkan area sholat di lantai 1, 2 dan halaman masjid dengan kapasitas 40 ribu jama’ah.

“Demi kelancaran Sholat Idul Adha, kami menyiapkan beberapa akses jama’ah yang berbeda untuk jamaah putri dan putra, mengingat Masjid Al Akbar memiliki 45 pintu,” katanya.

Akses masuk Jama’ah Putri dari sisi utara atau masuk lewat pintu nomor 1,3,4,8. Bisa juga dari sisi timur atau masuk melewati pintu 12, 13, 14, 16, 17, 18, 19, 32, 33 dan 34. Bila dari sisi selatan bisa melalui pintu nomor 37, 38 dan 39.

Akses masuk jamaah putra dari sisi utara melalui lorong wudlu antara pintu 5 dan 6. Bila dari sisi timur bisa melewati pintu 23 dan 25, sedangkan dari selatan melewati pintu 41, 43, 44 dan pintu lorong wudlu antara pintu 40 dan 41.

“Untuk memudahkan dan sebagai panduan tentang Masjid Al Akbar yang memiliki 45 pintu, kami menyarankan jama’ah untuk mengakses aplikasi Virtual Tour 3D Masjid Al Akbar berikut ini : https://www.masjidalakbar.or.id/virtualtour/ ,” katanya.

Untuk parkir kendaraan R2 (motor) ada di sisi utara dengan kapasitas 1.500 unit (infaq parkir Rp2.000), sedangkan parkir R4 (mobil) ada di sisi selatan (akses masuk dari depan Gedung MUI Jatim) dengan kapasitas 100 unit (Infaq Parkir Rp5.000).

“Khusus sisi area barat masjid untuk parkir undangan (Berstiker VIP) dengan kapasitas 100 unit,” kata Helmy yang juga Sekretaris MAS itu.

Parkir lainnya ada di area lapangan Pasar Rakyat Jambangan (utara MAS), area parkir Gereja Katolik Sakramen Mahakudus, area SMPN 22 Surabaya, Halaman Gedung MUI dan area badan jalan kawasan Masjid Al Akbar yang dikoordinasikan oleh Dishub Kota Surabaya.

“Untuk kenyamanan jamaah, Masjid Al Akbar menyiapkan tim Medis dari RSUD dr. Soetomo (1 dokter 2 perawat), PMI Kota Surabaya (30 Paramedis), Poliklinik Masjid Al Akbar ( 2 dokter dan paramedis), sedangkan jumlah mobil ambulans ada 3 unit,” katanya.

Masjid Al Akbar mengimbau kepada para jamaah untuk membawa masuk alas kaki (sepatu/sandal) di ruang sholat dengan terlebih dahulu dimasukkan dalam tas kecil atau sejenisnya, agar aman dan tidak ada kerumunan setelah kegiatan Sholat Idul Fitri. Para jamaah juga diimbau menjaga barang bawaan masing-masing. (*/mas-hmn)

Share :

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *