MI Masjid Al-Akbar Surabaya Wisuda 80 Siswa yang 100 persen “Tahfidz”

Share :

Surabaya (MAS) – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) mewisuda 80 siswa/siswi kelas 6 yang 100 persen lulus secara akademik dan 100 persen “tahfidz” (hafal Al-Qur’an) dalam Wisuda dan Haflah Akhirussanah di Ruang Al-Marwah MAS, Kamis.

“Ada 80 siswa kelas 6 yang diwisuda dan 80 siswa itu lulus tahfidz. Dari 80 siswa itu ada 40 siswa hafal 1 juz, 27 siswa hafal 2 juz, 11 siswa hafal 5 juz, 1 siswa hafal 10 juz, dan 1 siswa hafal 30 juz,” kata Kepala MI MAS, Ustadz Chasan Ashari.

Ia menjelaskan jumlah siswa yang mengikuti program tahfidz dan lulus mengalami peningkatan, karena tahun lalu (2023) ada 67 siswa dan hanya 51 yang lulus tahfidz, bahkan lulusan tahfidz pada tahun ini (2024) juga meningkat karena siswa hafal di atas 1 juz meningkat.

“Dari 514 siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 6 itu, kami memang melakukan wisuda untuk siswa yang berprestasi non-akademik, seperti siswa tahfidz, siswa paling disiplin, siswa paling berakhlak, dan prestasi lainnya,” katanya.

Oleh karena itu, Wisuda dan Haflah Akhirussannah memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi secara non-akademik, sedangkan prestasi akademik akan diberikan langsung dari pihak sekolah kepada orang tua siswa.

“Kami memang menonjolkan potensi non-akademik, bukan akademik, karena itu prestasi akademik hanya dilakukan secara internal, bukan dengan wisuda. Tema wisuda pun menonjolkan budaya perkembangan Kerajaan Islam, karena itu siswa menggunakan pakaian adat kerajaan,” katanya.

Selain pretasi tahfidz, acara wisuda juga dimeriahkan dengan siswa kelas 1 yang semuanya dapat memainkan pianika. Ada pula 10 siswa penerima nominasi beasiswa prestasi tahfidz dari Pemkot Surabaya.

“Ya, MI Al-Akbar lebih menonjolkan potensi atau prestasi non-akademik, karena potensi siswa itulah yang kelak dibutuhkan masyarakat, seperti siswa paling disiplin, siswa paling tepat waktu dalam sholat, siswa paling takdzim kepada guru dan orang tua, dan potensi serta akhlak lainnya,” katanya.

Bahkan, khusus siswa yang hafal Al-Qur’an diatas 10 juz pun dilakukan “Tasmi'” (ujian hafalan) di ruang utama MAS, seperti Marva Rizma Lailany (kelas 6) yang hafal 30 juz Al-Qur’an mengikuti “Tasmi'” di ruang utama MAS pada 8 dan 10 Juni 2024.

Dalam Tasmi’ 30 Juz (10/6) itu, Ketua BPP MAS DR KHM Sudjak MAg memberikan beasiswa 100 persen untuk Marva bila melanjutkan ke MTs Al-Akbar. “Ini yang pertama dengan hasil hafalan 30 juz di MI, karena itu MAS siap memberikan beasiswa full 100 persen,” katanya. (*/mas)

Share :

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *