Kunjungi MAS, Nigeria Ingin Belajar Pengelolaan Zakat

Masjid Al Akbar – Siang tadi, Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) mendapatkan kunjungan dari lembaga amil zakat Negeria. Rombongan yang dipandu oleh H Kasno Sudaryanto Wakil Ketua Baznas Jawa Timur ini, diterima langsung oleh Direktur Utama MAS di ruang Multazam pada Selasa (07/11).

Dirut bersama para direksi menyambut baik rombongan. Terlebih dahulu Dirut menampilkan video profil MAS. “Kedatangan kami ke Indonesia khususnya Surabaya ingin belajar bagaimana mengelola zakat, infaq dan shadaqah di Indonesia, khususnya di Jawa Timur ini,” kata Muhammad Lawal Maidoki, Ketua Rombongan dari Nigeria.

Executive Chairman Sokoto State Zakat and Endowment Commission Nigeria ini mengatakan bahwa di negara Soko merupakan negara bagian.Setiap kotanya memiliki sekitar 90 masjid yang mendirikan Shalat Jumat.

Sistem yang digunakan oleh masjid adalah mendistribusikan zakat kepada fakir miskin secara langsung. “Mereka kita undang ke masjid atau masjid yang mendatangi ke rumah para fikir miskin. Zakat yang dikelola masjid ada yang setiap tahun, setiap bulan, dan setiap hari seperti pemberikan kepada ibnu sabil,” kata Dirut MAS H Endro Siswantoro.

Selain itu, ada program zakat produktif. “Kami ingin mengangkat mustahik menjadi muzakki,” terangnya.

Contohnya MAS pernah memberikan becak kepada tukang becak. Setiap bulannya si tukang becak mengeluarkan infaq seikhlasnya. “Kita didik mereka untuk mengeluarkan zakat setiap bulannya,” terang Dirut

Sistem pengelolaan di Masjid Al Akbar membuat rombongan kagum dan apresiasi dengan pengelolaan zakat di MAS. Selain itu, mereka kagum dengan Indonesia yang memiliki satu juta masjid dan di Jawa Timur ada 50 ribu masjid. “Di Negeria masjid tidak dikelola oleh pemerintah tapi oleh sultan (Kalau di Indonesia seperti Kiai,- red),” pungkas Muhammad Lawal Maidoki. (ROF)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *