UIN Walisongo Semarang Belajar Dakwah di Masjid

Masjid Al Akbar – Sekitar 144 mahasiswa mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mendatangi Masjid Al Akbar Surabaya. Mereka berangkat kemarin malam dan dilepas langsung oleh Dekan Fakultas. Tiba di MAS pukul satu siang (16/11).

Tidak hanya berkunjung biasa, mahasiswa diberi wawasan oleh Direktur Utama MAS dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Usuluddin (STIU) MAS tentang manajemen masjid dan cara berdakwah. “Selamat datang para mahasiswa UIN di MAS. Silahkan nanti setelah acara ini, silahkan lihat-lihat, ada menara MAS dan perpustakaan,” kata H Endro Siswantoro, Dirut MAS.

Ustadz Hasan Ubaidillah dari STIU mengatakan berdakwah itu banyak caranya. Macam dakwah ada tiga yaitu berdakwah dengan lisan, dakwah dengan tulisan dan dakwah dengan aksi. “Berdakwah dengan lisan seperti ceramah, berpidato dan konseling,” kata pria yang juga dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Dakwah lewat tulisan ini sangat diperlukan di era digital. “Kelompok yang anti pancasila dan NKRI itu sudah menguasai dunia maya dengan berbagai tulisan yang mereka sajikan, maka dari itu, sudah saatnya adik-adik UIN Walisongo Semarang mengambil peran berdakwah lewat tulisan,” ucapnya.

Sedangkan dakwah aksi lebih pada berdakwah secara langsung. Misalnya MAS bersama Pemrov Jatim mengadakan dakwah di luar negeri seperti berdakwah di Tiongkok dan China. “Jaringan nasional dan internasional harus dimanfaatkan,” tutur Hasan.

Selain itu, menurut Hasan seorang mubalig harus memperhatikan kelemahan dalam berdakwah. Ada tiga jenis kegagalan dalam berdakwah. Faktornya adalah bahasa, faktor prasangka, faktor suara, faktor motif. (ROF)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *