Sambut Maulid Nabi, Berbagai Ageda Menanti

Masjid Al Akbar – Malam 12 Rabiul Awal 1439 H Masjid Al Akbar menggelar Pembacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW. Direktur Utama MAS memaparkan berbagai agenda telah menanti menyambut hari kelahiran nabi akhirus zaman. Sebelumnya, Dirut mengucapkan terima kasih kepada para jamaah yang telah turut andil memakmurkan masjid ini. “Barang siapa yang memakmurkan masjid, Allah dijanjikan akan diberi petunjuk di hari akhir nanti,” kata Endro Siswantoro, Dirut MAS (30/01).

Di depan para jamaah Shalat Magrib, Endro mengatakan malam ini seluruh umat Islam di dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. “Semoga peringatan maulid nabi ini dicatat oleh Allah sebagai menyiarkan agama Islam, memantapkan Ukhuwah Islamiyah dan Wathaniyah sekaligus meningkatkan kemakmuran masjid ini,” terangnya.

Pria kelahiran Lamongan ini melanjutkan makna yang terkandung dalam maulid Nabi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah yang telah menurunkan utusannya sebagai nabi terakhir yang membawa petunjuk berupa Al-Qur’an.

“Mari melalui maulid ini kita ajak untuk mengingat keteladanan Rasulullah sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Al-Qur’annya yang artinya Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” kata Dirut mengutip Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 21 tersebut.

Selain itu Nabi juga diutus sebagai penyempurna akhlaq manusia. “Nabi bersabda sesungguhnya aku diutus hanya unutk menyempurnakan akhlaq,” lanjut pria berusuia 70 tahun ini, mengutip hadist Baihaqi Tabroni.

Menyambut Maulid tidak hanya pada malam ini saja. Semarak dan syiar maulid harus dilakukan. Rangkaian maulid ke depan akan dilaksanakan yaitu shalat tahajud, shalat subuh berjamaah, Khataman Al-Qur’an, Gema shalawat maulid. Berbagai kajian mulai dari kajian lansia, muslimah, remas dan dhuha.

“Pada tanggal 19 Desember akan diadakan istighotasah dan shalawat bersama santri Madin TPQ An-Nahdliyah asuhan Pondok Pesantren Langitan dengan jumlah santri 20 ribu santri,” terangnya. Selain itu tanggal 25 Desember akan diadakan halaqah Tahfidzul Qur’an bersama jamaah Lembaga Islamiyah sekitar 10 ribu orang.

Di awal tahun tepatnya pada 31 Januari, Menteri Agama akan berkunjung dan melaksanakan takbir akbar di MAS. “Meskipun ini lama saya sampaikan bahwa pada Maret 2018 MAS akan mengadakan tablig akbar yang akan dihadiri oleh KH Abdus Samad Lc MA dari Riau. Mohon doa restunya semoga bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (ROF)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *