Manfaat dan Mudharatnya Gadget

Masjid Al Akbar – Parenting Nasional yang diikuti siswa-siswi KB/RA dan MI Masjid Al Akbar Surabaya ini menghadirkan Guru Besar ITS. Prof Dr Ir H Abdullah Shahab, MSc menjelaskan manfaat dan mudharatnya gadget bagi anak. “Semakin sering seorang anak menggunakan gadget maka semakin besar jempolnya dan semakin kecil otaknya,” kata Abdullah Shahab di depan ratusan peserta Parenting di Ruang Ash-Shofa MAS (09/12).

Menurut Profesor asli Lawang Malang ini, Teknologi pada awalnya muncul untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan. Selain itu Ilmu pengetahuan mampu mengembangkan teknologi. Namun pada saat ini sikap dan cara manusia memandang dunianya dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi. “Bangsa yang berhasil, maka dia harus menguasai teknologi tentu yang positif,” lanjut Prof Abdullah Shahab.

Dalam perkembangan teknologi selalu mencari inovasi, selalu muncul sesuatu yang baru dalam kehidupan manusia. Kemunculannya selalu ditandai dengan perubahan paradigma sehingga mampu menumbuhkan sikap, mind-set, dan kultur baru.

Menurut Guru Besar ke 100 ITS ini, teknologi bisa dimanfaatkan untuk Pendidikan, mengakses informasi dan bisa juga untuk bisnis. “Teknologi di dunia Pendidikan bisa dimanfaatkan dengan cara mengakses karya-karya ilmiah, Mempermudah penulisan karya ilmiah dan Mempermudah serta memberi nilai tambah presentasi karya ilmiah,” tegas doktor bidang produksi dan metalurgi ini.

Setiap manusia bisa mengambil keuntungan dari teknologi, salah satunya mempercepat dan mempermudah komunikasi, menjadi jembatan perbedaan bangsa, kultur, dan budaya. Mengakses berita dengan cepat dan lengkap dan bisa digunakan untuk bisnis online yang saat ini sedang marak.

“Selain keunggulan dan kemanfaatnya, teknologi juga memiliki kerugian bagi manusia dan memiliki dampak negative di antaranya menghadirkan generasi copy-paste, mengurangi daya khayal manusia, menghadirkan ilmuan karbidan, membuang waktu, menimbulkan pengangguran, pekerjaan tidak stabil, mengganggu keleluasaan pribadi, tirani kultur dominan, keterasingan kultural, disseminasi pengaruh negatif, memasung kreatifitas dan percaya diri,” terangnya. (ROF)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

2 Responses

  1. Masya Allah tolong utk lebih di blow up, dimuat utk ust Abdullah Shahab, karena sangat cocok dgn anak2 muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *