Kapolda Jatim; Al-Qur’an Harus Dihafalkan, Dipahami dan Dipraktekkan

Masjid Al Akbar – Irjen Pol Drs Machfud Arifin Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur menghadiri Halaqoh Kubro mewakili Jenderal Tito Karnavian Kapolri yang berhalangan hadir. Irjen Pol Machfud berpesan kepada seluruh peserta Halaqoh Tanfidzul Qur’an jangan hanya menghafal Al-Qur’an saja, melainkan harus dipahami isi kandungannya lalu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Contoh kecil yang sering kita temui. Semua orang hafal dan paham dengan hadis kebersihan adalah sebagian dari iman, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Masih banyak sungai yang dipenuhi dengan sampah,” kata Machfud Arifin di depan 30 ribu peserta Halaqoh Tanfidzul Qur’an di Masjid Al Akbar Surabaya (25/12).

Masih menurut Machfud ketika kita memahami dan mengamalkan niscaya menjadi individu yang manfaat. “Bermanfaat bagi agama dan negara, semoga bisa menghafal Al-Qur’an dan bisa mengamalkan kandungan Al-Qur’an sehingga bisa membentuk karakter anak bangsa,” terangnya.

Membangun Karakter Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Tanfidzul Qur’an menjadi tema utama pada acara halaqoh. “Membangun karakter bangsa paling krusial, namun jika kita melihat perjalan hidup Nabi Muhammad SAW maka karakter ini menjadi titik destinasi keislaman,” kata Mantan Kapolda Maluku Utara ini.

Kepolisian juga sedang berupaya membentuk masyarakat berkarakter dengan taat aturan hukum yang berlaku. Kedisiplinan harus diajarkan kepada masyarakat, namun upaya itu belum maksimal, karena masyarakat belum bisa mengamalkan ajaran agama. Lebih ironisnya lagi polisi dikatakan telah melakukan kriminalisasi kepada ulama.

“Saat ini banyak orang mengaku dai tapi mengajarkan kekerasan, jihad dengan kekerasan dianggapnya paling baik. Maka dari itu, dengan Halaqoh Tanfidzul Qur’an ini, kami berharap bisa memberi kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia, bisa mendorong masyarakat terus berkembang dengan karakter yang baik,” pungkas Polisi asal Ketintang Surabaya ini.

Halaqoh Kubro dihadiri oleh Prof Abdullah Syam Ketua Umum DPP LDII, Amien Adhy Ketua DPW LDII Jatim, H Saifullah Yusuf Wakil Gubenur Jatim, Irjen Pol Drs Machfud Arifin Kapolda Jatim, Kombes Pol Budi Setiawan Kapolrestabes Kota Surabaya, KH Miftachul Akhyar Wakil Rais Am PBNU, KH Abdusshamad Bukhori Ketua MUI Jatim dan Endro Siswantoro Dirut MAS. (ROF)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *