Shalat Idul Fitri di MAS Diperkirakan 60 Ribu Jamaah

Masjid Al Akbar – Hari Kemenangan sebentar lagi akan tiba. Diperkirakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H jatuh pada hari Jum’at (15/6). Namun keputusan penetapan mengikuti hasil sidang isbat Kementerian Agama pada hari Kamis malam (14/6). Meski begitu Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sudah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut hari kemenangan pada hari Jum’at.

Pelayanan kepada jamaah menjadi prioritas. Terutama soal arus lalu lintas. “Gubenur dan Forkompinda serta 60 ribu jamaah diperkirakan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya. Untuk mengantisipasi tersebut, kami mensiasati arus lalu lintas,” kata H Endro Siswantoro Direktur Utama MAS saat ditemui di ruangan kerjanya.

Endro meminta kepada jamaah agar hadir sebelum pukul 05.00 WIB supaya menghindari kemacetan. “Kepada para jamaah yang masuk masjid melalui pintu barat lokasi parker berada di halaman barat masjid sisi selatan (Lapangan Volly) dan dilarang keras parker di pinggir jalan tol,” tegas pria kelahiran Lamongan.

Sedangkan dari arah pagesangan dan pangesangan baru, jamaah bisa langsung parkir di lapangan MAS sebelah Barat gereja. Sedangkan dari arah A Yani, Menanggal, Graha Pangeran dan Gayungsari, jamaah masuk melalui pintu Utara lalu parkir di lapangan MAS/sebelah gereja. Kalau dari Dari Arah A.Yani, Injoko, Gayungsari II dan Depan Gereja, Parkir di tanah lapang Barat gereja. Jika dari arah Jl Lingkar MAS, jamaah bisa langsung parkir di area parkir MAS melalui Pintu Selatan depan Restoran Agis. “Itulah informasi yang kami sampaikan kepada jamaah nantinya,” lanjutnya.

Sedangkan untuk Parkir Khusus bertanda Stiker MAS, masuk melalui pintu Utara dan dari akses tol melalui pintu Barat Selatan. Sedangkan lokasi parkir ada di halaman sebelah Barat MAS (samping kantor sekretariat MAS). “Untuk parkir sepeda motor berada di halaman Masjid sisi Utara masuk Pintu Timur dan Utara,” jelasnya.

Selain itu, untuk kenyamanan jamaah, MAS menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang standby di ruangan dan keliling di area ibadah. Dan disiapkan 4 ambulance. “Bagi jamaah yang menggunakan kursi roda MAS menyiapkan akses dan tempat wudlu khusus, yang dipandu petugas, lokasinya berada di gerbang Timur Masjid, sisi kanan untuk pria dan sisi kiri untuk wanita. MAS juga menyiapkan tiga kursi roda,” terangnya.

Shalat Idul Fitri akan dimulai tepat pada pukul 06.00 WIB. Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya KH Abdul Hamid Abdullah akan menjadi imam Shalat Idul Fitri 1439 H. sedangkan Khatib Idul Fitri adalah KH. D. Zawawi Imron (Budayawan Nasional) dengan tema “ Mewujudkan Rasa Kasih Sayang. (*)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *