MAS Tasharrufkan Zakat Maal Produktif

Masjid Al Akbar – Setiap tahunnya Masjid Nasional Al Akbar Surabaya selalu menerima dan membagikan zakat maal dan zakat fitrah. Seperti biasanya dikalangan masyarakat zakat dibagikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, yatim piatu dlsb. Zakat fitrah sudah didistribusikan kepada delapan golongan yang berhak menerima zakat. Tidak hanya zakat fitrah saja, demikian juga dengan zakat maal.

“Kami telah menyerahkan zakat maal kepada masyarakat surabaya sesuai dengan perintah Allah. Namun kami juga menyerahkan kepada 15 orang atau pedangang di sekitar masjid berupa alat usaha. Ini yang dinamakan zakat maal produktif,” kata H Endro Siswantoro, Direktur Utama Masjid Al Akbar Surabaya pada acara halal bihalal MAS (11/7).

Namun dalam acara yang digelar di Gedung Marwah Masjid Al Akbar Surabaya ini, secara simbolis hanya lima orang yang menerima zakat maal produktif. Dari kelima ini semuanya pengusaha. Di antaranya adalah Sri Wati pengusaha gorengan dan ketan sambal menerima kompor gas lengkap beserta rombongnya.

Kedua adalah Saiful Bahri warga Pagesangan Timur memiliki pengusaha pentol, menerima dandang/panic, kompor lengkap bersama tabung LPG dan bak air. Ketiga Hori warga Raya Pagesangan ini meliki usaha Mracangan dan menerima satu tabung gas LPG. Keempat Sulistri warga Raya Pagesangan seorang pengusaha gorengan dan es, menerima blender besar, rombong dan kompor. Kelima Sundari warga pangesangan ini seorang pengusaha nasi tempe penyet menerima tempat nasi, termos, kompor beserta rombongnya.

“Kami memberikan bantuan berupa barang bukan uang agar barang itu tetap terpakai. Kalau diberi uangnya pasti akan habis. Namun selain pemberian barang tersebut MAS juga memberi uang masing-masing dua juta untuk 15 penerima zakat produktif,” kata H Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya.

Direktur Utama MAS menyerahkan zakat maal produktif didamping jajaran direksi dan Imam Besar MAS, tampak hadir Prof H Achmad Zahro dan KH Abdul Hamid Abdullah. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *