Inilah Keunggulan Shalat dan Nobar Gerhana Bulan di Masjid Al Akbar

Masjid Al Akbar – Dalam Rapat Koordinasi dengan Lembaga Falakiyah PWNU Jatim, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mencetuskan tujuh keunggulan shalat dan nobar gerhana bulan di MAS. Rapat dipimpin H Endro Siswantoro, Direktur Utama MAS.

“Pada hari Sabtu (28/7) akan terjadi Gerhana Bulan total dengan durasi 1 jam 43 menit. Saat purnama posisi bulan mencapai titik terdekat dengan bumi sehingga purnama akan terlihat jelas,” kata A Afif Amrullah Sekretaris Lembaga Falakiyah PWNU Jatim setelah rapat koordinasi dengan pihak MAS (26/7).

Karena posisi bulan begitu jelas, maka Masjid Nasional Al Akbar mencetuskan tujuh keunggalan shalat dan nobar di MAS. “Masjid Al Akbar akan menyiapkan empat layar lebar dengan latarbelakang gerhana yang dihiasi dengan penampakan Planet Mars memerah dan hujan meteor, sehingga nanti bisa menjadi wahana selfie,” kata H Helmy M Noor Humas MAS.

Kedua, agar selfie terlihat bagus maka MAS dan LFNU menggunakan teropong bintang Explore Scientific ED 80. “Jika cuaca cerah dan tidak hujan akan terlihat jelas,” lanjut Afif.

Ketiga Masjid Al Akbar sebagai tempat ibadah tentu ingin mewujudkan rasa syukur kepada Allah sekaligus belajar fenomena alam atau belajar ilmu astronomi/falak.

Keempat, shalat Qiyamul Lail (Shalat Hajat, Tahajud, Tasbih dan Witir) dimulai pukul 01.00 sampai 03.00 WIB. Kelima dilanjut dengan Shalat Gerhana Bulan akan diimami oleh KH Ahmad Muzakky Alhafidz Imam Rawatib MAS dan khotib akan disampaikan oleh KH Shofiyulloh, ST, MSi Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur,” lanjut Helmy.

Tidak cukup di situ, keenam setelah shalat subuh di Masjid Nasional Al Akbar ada kajian ba’da subuh yang akan diisi KH Ahmad Muzakky. Sedangkan ketujuh untuk mewujudkan itu semua dan agar para jamaah merasa nyaman dan khusuk, Masjid Nasional Al Akbar akan menggunakan semua fasilitasnya. Mulai dari parkir yang luas, aman, lingkungan bersih dan suci. “Hanya di Masjid Nasional Al Akbar jamaah akan mendapatkan tujuh hal spesial itu sekaligus,” jelas Endro Siswantoro Dirut MAS.

Berikut jadwal shalat qiyamul lail, shalat dan nobar Gerhana Bulan pukul 01.00 – 03.00 WIB Shalat Qiyamul Lail. Pukul 03.00 – 03.20 WIB Shalat Gerhana Bulan. Pukul 03.20 – 03.50 WIB Khutbah Gerhana Bulan dan pukul 04.20 – 05.00 WIB Shalat Subuh berjamaah serta dilanjut kajian ba’da subuh. (*)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *