Uji Coba Meneropong Gerhana Bulan

Masjid Al Akbar – Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur Bersama tim Masjid Nasional Al Akbar Surabaya melaksanakan gladi bersih sebelum terjadinya Gerhana Bulan. Afif Amrullah, Sekretaris Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur mengatakan teropong bintang Explore Scientific ED 80 sudah bisa digunakan seperti biasanya. “Kami sudah ketiga kalinya bekerjasama dengan Masjid Nasional Al Akbar menggelar nobar dan shalat gerhana,” kata Afif Amrullah saat menjajal teropongnya (27/07) dini hari.

Persiapan secara maksimal akan disiapkan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. H Sutrisno Kepala Bidang Perlengkapan MAS mengatakan segala perlengkapan sudah disiapkan dan besok dini hari sudah ready. “Kami menyiapkan apa yang menjadi kebutuhan Lembaga Falakiyah, mulai dari dua layer lebar dan proyektor, tiga panggung mini, kabel dlsb,” kata Sutrisno saat mengikuti gladi bersih.

Menurut Afif, saat tengah malam tiba, bulan akan bergeser menuju ke arah barat, sehingga akan dimungkinkan letak teropong tidak seperti dulu. Mungkin akan bergeser ke parkir timur masjid agak ke selatan. “Kami berusaha akan mengejar posisi bulan yang terus bergeser ke arah barat. Dan itu Insyaallah akan teratasi dengan dibantu roll kabel dari teropong ke proyektor,” ungkap pria yang juga Ketua KPID Jawa Timur ini.

Karena bulan ini terjadi pada dini hari, maka Masjid Nasional juga akan menggelar qiyamul lail (Shalat Tahajud, Hajat, Tasbih dan Witir). Shalat akan dimulai pada pukul 01.00 WIB sampai 03.00 WIB dengan imam shalat KH Ahmad Muzakky Alhafidz dan dilanjutkan shalat gerhana. “Setalah shalat gerhana dilanjutkan dengan Khutbah Gerhana Bulan yang akan disampaikan KH Shofiyulloh Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur,” terang H Helmy M Noor Humas MAS. (*)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *