Imam Besar MAS Imbau Masyarakat Shalat Gerhana Bulan

Masjid Al Akbar – Prof Ahmad Zahro Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menghimbau kepada masyarakat agar melaksanakan shalat gerhana bulan. Himbauan itu disampaikan pada saat mengisi kajian bakda magrib (26/7).

Prof Zahro mengatakan hari Sabtu 28 Juli 2018 dini hari atau nanti malam sekitar pukul 01.24 WIB sampai 05.19 akan terjadi Gerhana Bulan. “Saya mengajak kepada para jamaah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan,” kata Prof Zahro di depan jamaah kajian bakda magrib.

Guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini juga mengingatkan kepada masyarakat Indonesia sebelum shalat gerhana bulan dianjurkan memperbanyak dzikir, istigfar dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Prof Zahro juga menjelaskan tatacara shalat gerhana bulan pertama harus dilakukan secara berjamaah di masjid/mushalla.

Kedua shalat gerhana bulan tergolong shalat jahriyyah (keras bacaan imamnya). Ketiga dikerjakan dua rakaat, tiap rakaat ada dua ruku dan dua sujud. Keempat pada rakaat pertama lebih lama dari rakaat kedua, begitu juga bacaan surat-surat al-Qur’an sesudah Alfatihah, yang pertama lebih panjang dari yang kedua. Kelima sesudah shalat, imam menyampaikan khutbah gerhana. “Sesudah shalat juga dianjurkan banyak-banyak berdzikir, istighfar, shalawat dan sedekah semampunya,” lanjutnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) ini mengatakan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya juga ada Nobar Gerhana Bulan. Meskipun demikian jangan sampai sekedar nobar. Mata boleh melihat tapi lisan jangan lupa berdzikir. “Setidaknya kita harus mengucapkan Subhanallah seandainya terjadi suatu bencana kita bisa terselamatkan jika tidak maka kita dalam keadaan suci atau berdzikir,” pesan Prof Zahro. (*)

BeritaTerkait

ALUMNI NERAKA

ALUMNI NERAKA

Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  اَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *