Menteri Kedutaan Jepang di Indonesia Kunjungi Masjid Al Akbar Surabaya

Surabaya (MAS) – Menteri Kedutaan Jepang di Indonesia, Takabayashi, yang didampingi Deputi Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Ishii Yutaka, mengunjungi Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Jumat.

“Kami senang bisa mengunjungi masjid yang megah di Surabaya, kami melihat dari Menara 99m juga merasa diatas ketinggian Kota Surabaya,” katanya.

Dalam kunjungan yang diterima Kepala Bagian Keamanan BPP MAS H Hendro Tjahjono mewakili Kepala BPP MAS DR H Sudjak MAg itu, 

Takabayashi mengaku senang mengunjungi “masjid besar” di Indonesia.

“Di Jakarta, saya juga ke Masjid Istiqlal yang sangat besar, karena saya ke Surabaya, maka saya juga berusaha mengunjungi sebelum kembali ke Jakarta,” katanya.

Didampingi Kepala Bagian Usaha BPP MAS Agoes Suroso, Hendro Tjahjono memaparkan filosofi bangunan MAS, termasuk lokasinya yang berdekatan dengan Gereja Paroki Sakramen Mahakudus, Surabaya.

“Masjid Al Akbar memiliki lima kubah yakni satu kubah besar dan empat kubah sedang untuk melambangkan lima waktu sholat dalam Islam dan lima sila dalam Pancasila,” katanya.

Selain itu, warna kubah yang hijau dan biru juga menjadi lambang bahwa Islam sebagai agama yang menyejukkan. Masjid Al Akbar juga memiliki 45 pintu sebagai lambang tahun kemerdekaan RI (1945).

“Kalau menara masjid ini memiliki ketinggian 99 meter untuk melambangkan 99 nama Allah dalam Islam. Dengan melihat Kota Surabaya dari ketinggian 99 meter itu sebagai ungkapan rasa syukur atas ketinggian kekuasaan Allah,” katanya.

Terkait kedekatan lokasi MAS dengan Gereja Paroki Sakramen Mahakudus, Surabaya juga melambangkan kerukunan antar-agama. “Kami saling membantu tempat parkir kalau masing-masing ada acara besar,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama juga ada dua turis dari Australia yang terlebih dulu memasuki Menara 99m. Di Studio Digital MAS juga ada kunjungan dari Masjid Jami’ Makassar setelah Shalat Jumat untuk studi banding tentang dakwah digital.

Sebelumnya (22/9/2023) juga ada kunjungan sejumlah Anggota DPR Jepang ke Masjid Al Akbar Surabaya. “Semoga kunjungan pejabat dan warga negara asing akan dapat meningkatkan hubungan baik antar negara, terutama dalam bidang agama,” kata Hendro Tjahjono. (*/mas)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *