Masjid Al Akbar Surabaya Salurkan Lima Kali Infak Kemanusiaan Palestina

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) menyalurkan lima kali Infak Kemanusiaan Palestina dengan infak terakhir sebesar Rp41.926.810 yang disalurkan melalui Baznas Jatim pada 29 Januari 2024 (*/baznas).

Surabaya (MAS) – Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) menyalurkan lima kali Infak Kemanusiaan Palestina dengan infak terakhir sebesar Rp41.926.810 yang disalurkan melalui Baznas Jatim (30/1/2024).

“Kami sudah lima kali melakukan penggalangan dana dari jamaah masjid untuk Palestina dan kami selalu salurkan lewat Baznas,” kata Sekretaris MAS H Helmy M Noor dalam keterangannya di Surabaya, Kamis.

Menurut Helmy yang juga Humas MAS itu, penggalangan dana jamaah masjid untuk Palestina dilakukan lewat tiga cara yakni gelar surban Jumat, transfer lewat rekening MAS, dan pernah ada penggalangan saat ada tabligh di MAS.

“InSya-Allah, kami melakukan tiga kali penggalangan dana untuk Palestina lewat tabligh dan dua kali penggalangan dana untuk Palestina lewat gelar surban Jumat, tapi lewat transfer ke rekening MAS secara langsung juga ada,” katanya.

Ia menjelaskan aksi solidaritas untuk Palestina itu bukanlah kewajiban yang terbatas oleh batasan agama, politik, atau etnis, melainkan sebuah tanggung jawab kemanusiaan yang bersifat universal.

Donasi Kemanusiaan untuk Palestina dari MAS yang terakhir diserahkan secara simbolis oleh Bendahara Masjid Al-Akbar, Alfian Chaniago, dan diterima oleh Kepala SAI Baznas Jatim, H. Slamet Hariyono, beserta jajaran di kantor Baznas Jatim (30/1/2024).

“Semua donasi yang kami kumpulkan untuk Palestina ini sejumlah Rp 41.926.810, pengurus Masjid Al-Akbar sepakat untuk menyalurkannya melalui Baznas Provinsi Jawa Timur, dengan harapan semoga amanah dari jamaah ini dapat sampai kepada saudara-saudara kita yang ada di palestina”, kata Alfian Chaniago.

Sementara itu, Kabid Pendistribusian dan pendayagunaan Baznas Jatim, Abdul Kholik, menyampaikan apresiasi kepada jamaah Masjid Al-Akbar atas sumbangsihnya untuk masyarakat Palestina.

“Sesuai amanahnya, Insya Allah nanti akan kita tasarufkan ke saudara kita yang di Palestina yang sekarang masih berperang, mudah-mudahan ini dapat sedikit mengurangi beban rakyat di sana. Bantuan ini nantinya akan dikumpulkan dengan yang lainnya dan akan didistribusikan melalui Baznas RI”, ucap Kholik. 

Sebelumnya, saat istighosah akbar dan dukungan donasi kemanusiaan untuk warga Palestina, yang diselenggarakan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) di Masjid Al Akbar (11/12/2023) juga menghadirkan dua warga Palestina, Ihsan Idress dan Mutasem Abuzahra.

Selain itu, pendakwah muda Ustadzah DR Hj Oki Setiana Dewi dalam acara Majelis Subuh GenZI (MSG) di Masjid Al Akbar (4/2/2024), juga mengampanyekan infak/sedekah kepada GenZI, baik sedekah yang disalurkan ke Palestina atau bisa juga ke Yayasan Maskanul Huffadz yang dipimpin untuk pendidikan anak kurang mampu dalam hafalan Al Qur’an. (*/mas/baznas)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *