Perpustakaan Masjid Al Akbar Surabaya Miliki “Pojok Baca Digital”

Surabaya (MAS) – Perpustakaan Umum di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) memiliki tempat bernama “PoCaDi” (pojok baca digital) yang dapat dikunjungi jamaah selama perpustakaan buka pada setiap hari Senin hingga Jumat jam 08.00-16.00 WIB.

“Perpustakaan dibuka untuk umum, baik untuk membaca buku koleksi perpustakaan yang ada maupun untuk berkunjung ke Pocadi yang berupa komputer yang di dalamnya menampilkan E-book dari koleksi Perpusnas,” kata Humas MAS H Helmy M Noor saat ditemui di MAS, Rabu.

Ia menjelaskan Perpustakaan Al-Akbar berdiri tahun 2010, karena memandang kebutuhan para jamaah untuk buku bacaan tentang Islam, sehingga MAS akhirnya membuka perpustakaan dengan berbagai macam fasilitas, diantaranya Pocadi.

“Perpustakaan umum yang berada di kawasan bawah tanah Masjid Al-Akbar Surabaya itu dibuka untuk umum, siapapun yang sedang berada di masjid boleh berkunjung ke perpustakaan yang memiliki koleksi 28.000-an buku,” katanya, didampingi staf Perpustakaan MAS, Ayu.

Ribuan buku itu diantaranya koleksi kitab kuning, buku bacaan anak-anak sampai buku bacaan untuk umum, serta e-book di Pocadi. “Buku-buku itu kami dapatkan dari pengadaan buku dan sumbangan buku dari luar. Jika pengunjung ingin menyumbang dipersilakan,” katanya.

Selain pengunjung umum, Perpustakaan Al-Akbar sering dikunjungi pelajar yang ada di kawasan Al Akbar, baik MI, MTs maupun kampus. “Pernah juga dikunjungi tokoh masyarakat, tapi hanya sekali, karena kebetulan ada kunjungan ke Masjid Al Akbar,” katanya. (*/mas-azka)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *