Masjid Al-Akbar Surabaya adakan Cukur Rambut Gratis bagi 1445 GenZi sambut Ramadhan

Surabaya (MAS) – Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) menyambut Ramadhan 1445 H dengan mengadakan kegiatan cukur rambut gratis massal bagi 1.455 GenZI (Generasi Z Islami) di halaman masjid setempat pada 11 Maret 2024.

“Kegiatan cukur rambut gratis massal tersebut merupakan kerja sama BPP Masjid Al-Akbar dengan kelompok Ngaji Komunitas Salon Surabaya (Ngasal) di sisi timur masjid dan Taman Asmaul Husna MAS,” kata Sekretaris BPP MAS H Helmy M Noor di Surabaya, Kamis.

Helmy yang juga Humas MAS menjelaskan kegiatan Cukur Rambut Gratis Massal Bagi GenZI dan GenZIta (GenZI wanita) yang dilaksanakan pada 11 Maret 2024 pukul 06.00-10.00 WIB itu terbuka untuk masyarakat umum dengan mendaftar melalui link: https://s.id/cukurgratisMAS

“Cukur Rambut Gratis itu menyambut peluncuran ‘Program Ramadhan GenZi 1445 H’ di MAS yang tahun ini ditandai dengan 9 program dakwah, ibadah, dan sosial,” katanya dalam rapat persiapan Kegiatan Ramadhan 1455 H MAS yang dipimpin Ketua BPP MAS DR KHM Sudjak MAg.

Dalam rapat persiapan panitia teknis Kegiatan Ramadan MAS itu, Ketua BPP MAS M Sudjak mengapresiasi kegiatan Cukur Rambut Gratis 1445 GenZI itu sebagai kreasi baru yang perlu teknis yang syar’i, karena 1.445 orang yang dicukur itu bukan hanya laki-laki.

Sehari sebelumnya atau tanggal 10 Maret 2024 Pukul 19.00 – 22.00 WIB atau Bakda Isya, katanya, kegiatan Ramadhan GenZI 1445 H dibuka dengan “Gebyar Sholawat” bersama Gus Hafidz dan Majelis Syubbanul Muslimin Probolinggo di Halaman Timur MAS.

“Gebyar Sholawat untuk menandai pembukaan kegiatan Ramadhan GenZI 1445 H itu akan dihadiri Pj Gubernur Jatim H Adhi Karyono dan Gubernur Jatim 2019-2024 Hj Khofifah Indar Parawansa, serta Forkopimda, seperti Pangdam V dan Kapolda Jatim,” kata Helmy.

Selain Gebyar Sholawat dan Cukur Rambut Gratis itu, kegiatan Ramadhan 1445 H lainnya di MAS adalah Ngaji Ngabuburit, Takjil dan Buka Puasa Gratis, Ngaji Bakda Subuh, Kuliah Subuh/Tematik, Tarawih dan Tadarus Al-Qur’an, Qiyamul Lail, dan Nuzulul Qur’an.

“Sesuai saran Pak Ketua MAS, takjil dan Ngaji Ngabuburit perlu diatur agar tidak menimbulkan masalah. Mungkin pembagian takjil jangan bersamaan Ngaji Ngabuburit agar tidak berebut, sehingga mempengaruhi marwah MAS,” katanya.

Tentang teknis Ngaji Ngabuburit, Helmy menjelaskan pengajian yang diadakan tidak berbasis kitab ala pesantren, tapi berbasis tematik yang kekinian dan interaktif, misalnya puasa obat rindu tak terbatas.

Apalagi, narasumber Ngaji Ngabuburit juga fenomenal, seperti tokoh pers Prof DR HC Dahlan Iskan (15/3), influencer Kadam Sidik (23/3), Gubernur Jatim 2019-2024 Khofifah (24/3), ahli paliatif dr Agus Ali Fauzi (26/3), Wagub Jatim 2019-2024 Emil Dardak (4/4), dan sebagainya.

“Khusus Ngaji Subuh akan dilaksanakan Jamaah Tartil Bakda Subuh yang anggota tetapnya 150 orang dengan kegiatan ngaji Al-Qur’an pada setiap hari dan ngaji Yasin-Tahlil pada setip Jumat, sedangkan Kuliah Subuh akan dilaksanakan Panitia Kegiatan Ramadhan pada setiap hari Ahad saja,” katanya. (*/mas)

BeritaTerkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *